Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah meraih penghargaan hasil evaluasi Pelayanan Publik tahun 2019, dengan kategori BAIK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.

“Kami merasa bangga atas prestasi diperoleh Disdukcapil Kabupaten Kapuas dari Kementrian PAN RB RI sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2019,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kapuas Ruseni di Kuala Kapuas, Selasa.

Perolehan predikat tersebut sangat membanggakan, namun tidak boleh membuat unit pelayanan publik berpuas diri. Masih perlu kerja keras dan komitmen masing-masing pemerintah daerah di wilayah untuk menuju pelayanan publik yang prima.

"Penghargaan pelayanan publik yang diberikan oleh Menpan-RB ini, akan menjadi penyemangat bagi kami untuk bisa selalu memberikan pelayanan yang baik ke depannya,” ucapnya.

Rusaini mengimbau seluruh pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kapuas terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di daerah yang berjulukan Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung ini.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kapuas, Sipie S Bungai menambahkan, pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk memunculkan unit penyelenggara pelayanan sebagai percontohan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Diharapkan dengan evaluasi yang dilakukan juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat," harap Sipie.

Menurutnya, beberapa hal yang perlu dicatat diantaranya terkait pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan khususnya penyusunan standar pelayanan. 

Kemudian, tambahnya, unit pelayanan juga harus mengelola pengaduan untuk perbaikan kualitas pelayanan publik dan pendokumentasian kegiatan yang dilakukan.

Ditegaskan, kunci utama perbaikan pelayanan publik adalah komitmen pimpinan daerah dan kepala satuan organisasi perangkat daerah. Selain itu, instansi pemerintah harus bisa memangkas alur birokrasi dan bekerja di luar rutinitas.

Baca juga: Seorang pelajar di Kapuas ditemukan tewas tergantung

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024