Buntok, Kalteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan, Kalimantan Tengah menunda pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Minggu (22/3) sebagai langkah antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

"Untuk sementara pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Dusun Utara dan PPS Kecamatan Dusun Selatan kita tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan Bahruddin di Buntok, Minggu.

Penundaan pelantikan ini sudah diterbitkan surat dengan nomor 48/PP.04.2-SD/6204/KPU-KAB/III/2020 tertanggal 21 Maret 2020 dengan perihal penundaan pelantikan calon anggota PPS.

Ia mengatakan keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan berdasarkan hasil koordinasi dengan berbagai pihak termasuk maklumat Kapolri Nomor 2/ 2020. Untuk itu, pihaknya melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan menyerahkan salinan keputusan tentang penetapan dan pengangkatan anggota PPS di semua kelurahan dan desa di Kecamatan Dusun Utara dan Dusun Selatan.

"Salinan itu akan diserahkan kepada masing-masing kepada masing-masing calon anggota PPS terpilih disertai dengan penandatangan fakta integritas," jelas Bahruddin.

Baca juga: Penumpang penerbangan rute Buntok-Banjarmasin alami penurunan

Ia juga meminta kepada PPK diharapkan agar menyebarluaskan informasi terkait dengan penundaan ini kepada PPS dan semua undangan yang menghadiri acara tersebut. Diimbau juga kepada jajaran anggota KPU untuk mengikuti protokol resmi pemerintah terkait pencegahan penyebaran penyakit Covid-19.

Dalam menyikapi penyebaran virus ini, Bahruddin mengimbau kepada seluruh penyelenggara sampai pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar berupa mengantisipasi COVID-19 dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah.

"Untuk melawan ancaman virus ini, kami mendukung upaya dari pemerintah dengan menunda kegiatan berkaitan dengan social distancing," demikian Bahruddin.


Baca juga: Bulog Buntok jamin stok beras masih aman

Baca juga: Pelayanan Samsat Buntok tetap berjalan

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024