Kontingen Pulang Pisau targetkan masuk tiga besar di FBIM Kalteng

id Penjabat Bupati Pulang Pisau, Pj Bupati Pulang Pisau, pulang pisau, pulpis, kalteng, Kalimantan Tengah, Nunu Andriani, FBIM 2024, FBIM kalteng, FBIM

Kontingen Pulang Pisau targetkan masuk tiga besar di FBIM Kalteng

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani menyerahkan pataka kepada Plt Kepala Disbudporapar Reliasi selaku ketua kontingen FBIM kabupaten setempat di aula Banama Tingang, Kemarin. ANTARA/ Adi Waskito.

Pulang Pisau (ANTARA) - Penjabat Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Nunu Andriani memberikan apresiasi target kontingen kabupaten setempat, yang menargetkan masuk dalam peringkat tiga besar dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dilaksanakan di Palangka Raya dari tanggal 17 sampai 24 Mei 2024. 

Pemerintah daerah akan memberikan bonus untuk memotivasi para peserta jika kontingen mampu meraih target tiga besar dalam FBIM, kata Nunu Andriani di Pulang Pisau, Jumat.

"Jika memungkinkan bisa sampai peringkat pertama di FBIM 2024, seperti impian kita bersama, tentunya akan sangat lebih baik," tambahnya.

Menurut dirinya, cita-cita tersebut harus mampu diwujudkan kontingen FBIM Kabupaten Pulang Pisau. Sebab, dalam FBIM sebelumnya kabupaten setempat berhasil masuk dalam posisi lima besar.  Aplagiu target tersebut, merupakan target dan ujian awal untuk Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disbudporapar Reliasi yang baru ditunjuk menggantikan Sukarja yang telah memasuki masa purna tugas.

Untuk itu, diharapkan seluruh kontingen bisa memberikan hasil yang terbaik dalam FBIM 2024 dengan memperkuat kerjasama dan koordinasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah di pemerintah kabupaten setempat selaku koordinator cabang lomba, dirinya yakin apa yang ditargetkan bisa tercapai.

"Kita berharap bangkitkan dan gali semangat daya cipta daya, kreasi demi untuk melestarikan dan mempertahankan serta memperkaya khasanah seni dan budaya kita yang berciri khas Kabupaten Pulang Pisau," pesan Nunu Andriani.

Pelaksana tugas Kepala Disbudporapar Kabupaten Pulang Pisau Reliasi mengatakan kontingen FBIM 2024 seluruhnya berjumlah 283 orang. Terdiri dari 44 koordinator cabang lomba, 25 orang pendamping, dan 214 orang peserta.

"Dari 20 cabang yang diperlombakan, kontingen FBIM Pulang Pisau mengikuti sebanyak 17 cabang lomba," terang Reliasi.

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau belajar pengelolaan industri kreatif ke Sukoharjo

Menurutnya, seluruh peserta sudah siap untuk mengikuti cabang lomba. Adanya bonus yang dijanjikan Penjabat Bupati Pulang Pisau tentunya bisa memberikan tambahan semangat dan motivasi bagi peserta untuk bisa tampil dan memberikan hasil yang terbaik.

Lebih dari itu, setiap cabang lomba adalah sebagai upaya kita bersama melestarikan keanekaragaman budaya yang ada di Kalimantan Tengah untuk tetap dipertahankan di daerah kabupaten/kota agar bisa diwariskan kepada setiap generasi.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu peralatan Pokmaswas dukung pelestarian sumber daya perikanan

Baca juga: Lima kendala petani di Pulang Pisau disampaikan ke Wantimpres

Baca juga: Diskominfosantik Kalteng bina KIM Gohong optimalkan sektor kerajinan rotan