Pemprov Kalteng bantu peralatan Pokmaswas dukung pelestarian sumber daya perikanan

id pemprov kalteng, dislutkan kalteng, pokmaswas ikan, pengawas perikanan, sumber daya kelautan, kalimantan tengah, pulang pisau

Pemprov Kalteng bantu peralatan Pokmaswas dukung pelestarian sumber daya perikanan

Penyerahan bantuan kelengkapan pengawasan kepada Pokmaswas Ikan di Pulang Pisau, (7/5/2024). (ANTARA/HO-Dislutkan Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan bantuan berupa berbagai alat kelengkapan pengawasan kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di Kabupaten Pulang Pisau sebagai upaya mendukung pelestarian sumber daya perikanan.
 
"Bantuan ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung upaya pengawasan dan pelestarian sumber daya kelautan dan perikanan," kata Kepala Dislutkan Kalteng Darliansjah di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia menjelaskan dengan adanya bantuan berupa perlengkapan Pokmaswas ini diharap semakin meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap aktivitas perikanan dan kelautan di wilayah Kalteng, khususnya di Pulang Pisau.
 
Diharapkan langkah ini memberi manfaat besar dalam meningkatkan kesadaran terhadap keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan di Kalteng.
 
"Yakni mengurangi aktivitas illegal fishing atau penangkapan ikan secara ilegal, serta menjaga keseimbangan ekosistem di perairan tersebut," tuturnya.

Baca juga: Rasio elektrifikasi di Kalimantan Tengah capai 93,38 persen
 
Darliansjah menyampaikan dalam kegiatan bertajuk "Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Sampai Dengan 12 Mil" diberikan berbagai perlengkapan penting Pokmaswas seperti delapan buah life jacket, 10 buah sepatu boots, delapan buah topi, satu buah kamera, satu buah GPS, dua buah handy talky, satu buah teropong, enam buah senter kepala, dan satu buah papan informasi.
 
Bantuan yang diberikan ini diterima oleh Ketua Pokmaswas Ikan Kahayan Tupik Rahman dan Ketua Pokmaswas Pemburu Asnadi di Pulang Pisau. Pihaknya siap memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran. Kami akan memanfaatkan perlengkapan ini dengan sebaik- baiknya sesuai kegunaan untuk menjaga sumber daya alam kelautan dan perikanan yang menjadi mata pencaharian utama bagi kami," kata Tupik Rahman.

Baca juga: Diskominfosantik Kalteng bina KIM Gohong optimalkan sektor kerajinan rotan

Baca juga: DPRD Kalteng minta hasil reses perseorangan ditindaklanjuti pemprov

Baca juga: APBD Kalteng terus meningkat, kini capai Rp8,79 triliun