Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menargetkan mampu kembali meraih piala Adipura yang keduakalinya untuk daerah setempat, yang sebelumnya pernah dicapai pada tahun 2017 lalu.

"Target tersebut, tentu dapat tercapai dengan sinergis dan koordinasi yang baik semua pihak," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Septedy di Kuala Kapuas, Selasa.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut harus ada sinergitas yang baik semua pihak, yakni antara semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Kapuas, bersama pemangku kepentingan dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal utama adalah dalam pengelolaan sampah yakni dengan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Selain untuk meraih piala Adipura, menjaga kebersihan juga sangat penting dalam menghindari ancaman atau munculnya berbagai penyakit. Apalagi saat ini masih musim hujan dan dikhawatirkan berkembangnya penyakit.

"Kita semua berperan saling mendukung agar kebersihan lingkungan tetap terjaga," katanya.

Dikatakannya, dalam mewujudkan target tersebut, pihaknya melalui dinas terkait, telah melakukan langkah-langkah, khususnya dalam pengelolaan dan pengendalian persampahan. Harapannya agar semua kekurangan yang masih terjadi dapat diperbaiki.

Kebersihan dan keasrian di setiap sudut kota harus ditingkatkan, terlebih di titik-titik yang menjadi lokasi penilaian Adipura. Dengan kesadaran masyarakat, upaya ini diyakini akan terwujud sesuai harapan.

Untuk itu, Septedy mengajak semua pihak dapat menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing dan membuang sampah pada tempatnya, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kapuas meraih piala Adipura kembali.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk tidak membuang sampah ke sungai karena dapat mencemari air sungai. Sampah harus dibuang di tempat-tempat yang sudah disediakan.

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan adanya peran serta semua pihak dalam meraih yang diinginkan tersebut.

"Mari kita sama-sama menjaga kebersihan di lingkungannya. Semoga target dapat tercapai dan Kabupaten Kapuas meraih Piala Adipura kembali," demikian Septedy.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 petugas pelayanan publik di Kapuas dimulai

Baca juga: Pintu air di kawasan food estate Kapuas akan dibenahi

Baca juga: Masyarakat Kapuas minta perbaikan jalan poros desa

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024