Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Emi Abriyani meminta warga setempat mewaspadai penyebaran virus Corona, khususnya di pusat-pusat keramaian.

"Kita harus semakin waspada terutama di tempat umum. Sabtu malam lalu secara acak kita tes antigen kepada 83 pengunjung kafe hasilnya tiga diantaranya positif," kata Emi di Palangka Raya, Senin.

Dia menambahkan, ketiga pengunjung kafe di pusat Kuliner Tunggal Sangomang yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 dari hasil tes antigen itu kemudian dilaksanakan tes PCR guna memastikan paparan COVID-19.

Dia mengatakan tes secara acak itu dilakukan Satgas COVID-19 di "Kota Cantik" secara rutin terhadap para pengunjung di pusat-pusat keramaian dan tempat berkumpul masyarakat.

Sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, pihaknya juga selalu menggelar operasi yustisi guna memastikan setiap masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Satgas juga berharap seluruh masyarakat baik pelaku usaha maupun masyarakat secara umum selalu menggunakan masker saat beraktivitas, menjaga jarak, tidak berkerumun serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Baca juga: Kapolri-Panglima TNI bakal tinjau Posko PPKM di Palangka Raya

Selain itu juga mengajak warga di kota setempat turut menyukseskan pelaksanaan vaksin COVID-19 terutama yang menjadi sasaran dan masuk kriteria termasuk para lansia di kota setempat sehingga target capaian vaksin yang ditetapkan pemerintah segera tercapai.

Sementara itu berdasar data Satgas COVID-19 Palangka Raya akumulasi pasien sembuh dari paparan COVID-19 di kota setempat mencapai 6.031 orang usai terjadi penambahan 23 pasien sembuh. Angka itu berada di 92,29 persen dari total kasus positif.

Satgas COVID-19 setempat juga masih tercatat penambahan 19 kasus positif COVID-19 sehingga akumulasi warga yang positif terjangkit virus tersebut mencapai 6.535 orang.

Kemudian sebanyak 342 orang masih dinyatakan positif dan masih menjalani perawatan. Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada juga tercatat jumlah kematian pasien sebanyak 202 orang meninggal dunia. Sementara masyarakat yang berstatus suspek COVID-19 tercatat 1.228 orang.

Baca juga: Pemkot bakal jamin kesehatan seluruh masyarakat Palangka Raya

Baca juga: Terduga penusuk ibu hamil di Palangka Raya masih di bawah umur

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024