Kesbangpol Pulpis minta warga terlibat aktif ciptakan suasana damai jelang Pilkada 2024

id Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kesbangpol Pulang Pisau, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Sugondo, kalteng, pilkada, pilkada 2024

Kesbangpol Pulpis minta warga terlibat aktif ciptakan suasana damai jelang Pilkada 2024

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pulang Pisau Sugondo. ANTARA/Adi Waskito.

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Sugondo mengingatkan sekaligus meminta kepada warga setempat, agar terus menciptakan suasana damai dan kondusif menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

"Saat ini kita telah memasuki tahapan pilkada, sehingga seluruh lapisan masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan berbagai macam isu-isu yang bisa memecah belah dan menimbulkan konflik," kata Sugondo di Pulang Pisau, Selasa.

Berdasarkan pemetaan Kesbangpol, secara umum kondisi di kabupaten setempat dalam kondusif aman dan terkendali. Agenda Pilkada 2024, salah satunya pemilihan bupati dan wakil bupati sudah menjadi agenda nasional, yang telah ditetapkan melalui amanat Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 Pasal 201 ayat (8) dan rapat kerja dan dengar pendapat pada 22 Januari 2022 antara DPR, KPU, Kemendagri, Bawaslu dan DKPP yang dilaksanakan pada 27 November 2024.

Meski begitu, Sugondo mengakui bahwa perbedaan pendapat antar pendukung dari masing-masing bakal calon pasti ada, tetapi bukan menjadi pemicu perpecahan. Siapapun bakal calon yang berkeinginan maju menjadi kepala daerah semuanya memiliki visi dan misi untuk mempercepat pembangunan dan kemajuan bagi Kabupaten Pulang Pisau.

"Perbedaan bukan berarti perpecahan, semua tentu ingin Kabupaten Pulang Pisau bisa lebih maju lagi melalui pemilihan bupati dan wakil bupati nantinya," beber dia.

Baca juga: Pemkab Pulpis laksanakan lima kebijakan pusat dalam melindungi perempuan

Dirinya pun terus mengingatkan peran dan keberadaan organisasi masyarakat (Ormas) bisa memberikan kesejukan ditengah situasi politik menjelang Pilkada 2024 khususnya di Kabupaten Pulang Pisau. 

Terkait dengan pembinaan Ormas, Ia mengaku masih dalam perencanaan karena terkendala dengan anggaran, namun pembinaan kepada ormas nantinya tetap dilakukan Badan Kesbangpol.

"Pembinaan kepada Ormas ini untuk memperkuat peran dan keberadaanya yang telah terdaftar di Badan Kesbangpol dalam melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Ormas," demikian Sugondo.

Baca juga: Edy Purwanto ditunjuk pimpin Dinas Ketahanan Pangan Pulang Pisau

Baca juga: Dinas PUPR Pulang Pisau fokuskan penanganan oprit jembatan Djanias Djangkan

Baca juga: Penggunaan drone pemupukan belum diminati petani Pulang Pisau