Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor ingin Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Sampit pada Juni 2023 nanti berlangsung sukses dan menjadi yang paling meriah dibanding sebelum-sebelumnya. 

"Makanya akan kita siapkan semaksimal mungkin sejak jauh-jauh hari. Kita ingin ini meriah. Mudah-mudahan pandemi COVID-19 ini segera berakhir sehingga nanti kita bisa lebih maksimal menggelar Porprov ini," ujar Halikinnor saat memimpin rapat persiapan Porprov Kalteng di aula rumah jabatan bupati, Minggu. 

Rapat dihadiri Kapolres AKBP Sarpani, Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Sekretaris Daerah yang juga Ketua Panitia Porprov Fajrurrahman, Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar dan pejabat lainnya. 

Halikinnor memberi arahan agar panitia menyiapkan semua yang diperlukan. Tidak hanya venue atau lokasi pertandingan setiap cabang olahraga, tetapi juga hal pendukung lain seperti ketersediaan penginapan, transportasi, konsumsi, petugas kesehatan dan lainnya yang nantinya diperlukan kontingen peserta dari daerah lain. 

Pemerintah daerah ingin memberikan yang terbaik agar seluruh kontingen merasa puas. Ini bagian dari target yang dicapai Kotawaringin Timur yaitu sukses sebagai tuan rumah serta sukses menjadi juara umum. 

Baca juga: Pemkab Kotim diminta tangani darurat kerusakan jalan

"Nanti setiap kontingen daerah lain akan didampingi kepala SOPD yang ditunjuk menjadi penanggung jawab untuk membantu keperluan masing-masing kontingen. Jangan sampai kontingen daerah lain kebingungan, apalagi sampai telantar. Itu jangan sampai terjadi," tegas Halikinnor. 

Sekretaris Daerah Fajrurrahman yang sekaligus Ketua Panitia Kabupaten Porprov Kalteng mengatakan, berbagai persiapan sedang dilakukan untuk kelancaran dan kesuksesan Porprov Kalimantan Tengah pada Juni 2023 nanti. 

Dia menyebutkan, rencananya ada 28 cabang lomba yang akan dipertandingkan. Dari jumlah tersebut masih ada tiga cabang olahraga yang venue sedang dipersiapkan yaitu ring tinju, papan panjat tebing dan pembenahan stadion sepak bola.

Selain itu, jalan menuju lokasi pertandingan juga akan dibenahi. Semua kegiatan dimulai tahun ini dan dilanjutkan awal 2023 sehingga semua sudah disiapkan sebelum Porprov dimulai. 

Baca juga: DPRD Kotim tegaskan tidak alergi kritik

"Perlu kebersamaan dan niat sungguh-sungguh dari kita semua. Kita tentu berharap kesuksesan bagi Kotawaringin Timur menjadi juara umum dan tuan rumah," harap Fajrurrahman. 

Sementara itu Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar mengatakan, rapat panitia besar akan dilaksanakan bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya pada Senin (18/4). 

"Yang fokus saat ini adalah mempersiapkan tiga venue cabang olahraga yang belum ada. Selain itu mempersiapkan jalan menuju lokasi agar lancar dan tidak menjadi kendala saat kegiatan nanti," ujar Ahyar. 

Terkait cabang balap motor, saat ini masih dipertimbangkan apakah menyelesaikan Sirkuit Sahati atau mencari alternatif lain. Jika harus mencari lokasi lain, maka rencananya Taman Kota akan disulap menjadi sirkuit road race sekaligus lokasi pertandingan cabang olahraga sepatu roda. 

Baca juga: Legislator Kotim khawatir dampak buruk imbas truk dibiarkan masuk kota

Baca juga: Anggota GOW Kotim turun ke jalan bagikan 1.500 takjil

Baca juga: DPRD Kotim sebut gejolak minyak goreng akibat lemahnya pengawasan

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024