Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing mengimbau sekaligus meminta kepada masyarakat kabupaten setempat, agar mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) lanjutan.

Bentuk dukungan yang dapat diberikan adalah dengan menyampaikan data secara akurat kepada petugas pendataan lapangan yang datang ke tempat tinggal masyarakat, kata Efrensia saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

"Petugas akan datang ke tempat tinggal kita untuk melaksanakan tahap pencacahan. Saya imbau kepada masyarakat agar menyambut kedatangan mereka dengan menyampaikan data yang akurat serta tetap menaati protokol kesehatan," sambungnya.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini menyebut, Badan Pusat Statistik (BPS) sedang melaksanakan tahap pencacahan yang rencananya akan berlangsung hingga 30 Juni 2022.

Dia mengaku telah mengikuti tahap pencacahan, di mana petugas BPS Gunung Mas datang berkunjung ke rumah jabatan pada 14 Juni 2022 lalu. Saat itu petugas menanyakan sejumlah keterangan.

"Pertanyaan yang diajukan dalam pencacahan tersebut terkait keterangan rumah tangga dan anggota rumah tangga, seperti keterangan pendidikan, pekerjaan, migrasi, kematian, kelahiran, kehamilan, dan keterangan perumahan," bebernya.

Lebih lanjut, dia menyadari pentingnya pelaksanaan SP2020 lanjutan yang bertujuan untuk menghasilkan parameter demografi, guna mendukung perencanaan pembangunan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’. Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk turut menyukseskan SP2020 lanjutan.

Baca juga: Gunung Mas targetkan UHC capai 98 persen pada 2024

Sebelumnya, Kepala BPS Gunung Mas Waras mengatakan pihaknya menyiapkan 91 petugas dalam pelaksanaan SP2020 lanjutan, dengan rincian 63 orang Petugas Pendataan Lapangan (PPL), 21 Koordinator Tim (Kortim), dan tujuh Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka).

Dia menyebut bahwa saat ini SP2022 lanjutan memasuki tahap pencacahan, yang rencananya akan dilakukan di sebagian besar desa/kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan di Gunung Mas.

"Ada berbagai tahapan yang telah dan akan dilaksanakan oleh BPS Gunung Mas. Kami mohon dukungan dari seluruh pihak agar pelaksanaan SP2020 lanjutan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar," demikian Waras.

Baca juga: Generasi muda Gumas ditantang adu prestasi di PBVSI Cup

Baca juga: Gumas perkuat koordinasi Pokjanal Posyandu wujudkan generasi muda berkualitas

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024