Pemkab Lamandau nilai sensus penduduk miliki fungsi strategis dalam pembangunan

id Pemkab lamandau, lamandau

Pemkab Lamandau nilai sensus penduduk miliki fungsi strategis dalam pembangunan

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (tengah) menerima piagam penghargaan dari BPS RI dan Kalteng beberapa waktu lalu. (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah menilai program sensus penduduk 2020 memiliki fungsi strategis dalam pembangunan.



"Hal ini penting untuk mendata jumlah penduduk, komposisi, distribusi maupun karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan," kata Asisten I Setda Lamandau, Charles Rakam Mamud di Nanga Bulik.



Hal itu selaras dengan pernyataan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail pada saat 'kick off' sensus penduduk 2020 belum lama ini.



Dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya mewujudkan satu data kependudukan, salah satunya guna mendukung realisasi dari kedaulatan data.



"Sosialisasikan gerakan sensus penduduk dengan misi satu data kependudukan. Keberhasilan sensus penduduk merupakan keberhasilan bangsa kita," jelasnya.



Untuk diketahui, sebelumnya Pemkab Lamandau menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia dan BPS Kalimantan Tengah.



Penghargaan diberikan atas prestasinya sebagai kabupaten dengan capaian 'response rate' melebihi target dalam pelaksanaan sensus penduduk daring atau online yang dilaksanakan 15 Februari sampai 29 Mei 2020.



Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BPS Lamandau kepada Bupati Lamandau, Hendra Lesmana tepatnya pada Rabu (19/8) lalu.