Kuala Kapuas (ANTARA) - Belasan unit alat mesin pertanian (alsintan) disalurkan untuk kelompok tani di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah guna mendukung produksi pertanian di daerah setempat.

"Saya menyerahkan aspirasi saya berupa alsintan, ada sebanyak delapan unit kultivator dan enam unit handtraktor kepada kelompok tani di Kapuas," kata Anggota DPR RI Dapil Kalteng, Ary Egahni, usai penyerahan bantuan di Dinas Pertanian Kapuas, Senin.

Melalui bantuan yang diberikan, legislator dari Partai Nasdem ini berharap, kelompok tani dapat memanfaatkan alat-alat pertanian yang diberikan dengan maksimal, menjaga dan memelihara, serta meningkatkan produksi pertanian dengan baik.

"Dan kita berharap juga, dalam hal ini pemerintah kabupaten bersama-sama seluruh jajaran dan pemangku kepentingan, bagaimana menunjukan kabupaten ini benar-benar sebagai lumbung ketahan pangan Kalteng, sekaligus lumbung ketahan pangan nasional," harapnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas diminta siapkan stok beras antisipasi krisis pangan

Istri orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kementerian Pertanian RI yang memerhatikan para petani di wilayah Dapil Kalteng.

"Saya tunggu tetap bagaimana Menteri Pertanian dan jajaran fokus untuk membantu seluruh petani di wilayah nusantara," terang Ary.

Selain di kabupaten setempat, tambahnya, bantuan alat mesin pertanian juga nantinya akan disalurkan ke beberapa kabupaten/ kota di Kalteng.

"Saya nanti akan berlanjut berkeliling ke seluruh kabupaten/kota se-Kalteng, untuk membagikan alsintan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh kabupatennya masing-masing," katanya.

Ketua Kelompok Tani Merta Sari Lima, Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang, Yesnawati menyampaikan rasa syukur atas bantuan yang diterima dengan harapan dapat meningkatkan hasil pertanian mereka.

"Saya sangat bersyukur atas bantuan ini untuk meringankan pekerjaan petani, tidak lagi bekerja secara manual, tetapi sekarang sudah ada alat yang canggih. Jadi pekerjaan kami bisa cepat dengan adanya bantuan alat ini," demikian Yesnawati.

Baca juga: Warga digegerkan penemuan mayat di DAS Kapuas

Baca juga: Pemasaran telur ayam Basarang merambah luar Kapuas

Baca juga: Pemkab Kapuas dorong pengusaha walet mengurus izin

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024