Palangka Raya (ANTARA) - GM Network Service Assurance Telkomsel Kalimantan Fredy Hilton Tambunan menyatakan bahwa selama momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, trafik akses broadband Telkomsel di pulau Kalimantan tercatat tumbuh 10.25 persen dibanding rata-rata hari biasa, atau melonjak hingga 21 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Pergerakan pelanggan Telkomsel di Kalimantan dengan persentase -0.69 persen dibanding hari normal. Di mana sebagian besar pelanggan yang keluar Kalimantan menuju ke Jawa Timur, Sulawesi, dan Jawa Tengah," kata Fredy melalui rilis diterima di Palangka Raya, Jumat.

Dikatakan, pengamanan jaringan yang Telkomsel dilakukan selama periode Posko Nataru dengan 35 POI di wilayah Kalimantan, selain optimalisasi BTS eksisting juga didukung tambahan 2 BTS 4G baru, 1 unit BTS combat, 1 unit smallcell dan 8 unit imacro. Termasuk juga memaksimalkan digitalisasi layanan pelanggan yang terintegrasi serta posko-posko sales dan pelayanan Telkomsel yang hadir di POI.

Aktivitas digital pelanggan turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data Telkomsel selama momen Nataru 2022/2023 dibandingkan hari biasa. Top 3 POI di Kalimantan yang mengalami peningkatan trafik adalah Lapangan Merdeka (+ 79.09%), E-Walk BSB (+35.72%) yang merupakan pusat keramaian di malam Tahun Baru di kota Balikpapan.

"Serta POI Mulawarman di Batulicin Kalimantan Selatan (+45.69%), pada periode NARU terdapat even Batulicin Festival dengan keramaian pengunjung, Telkomsel mendukung kelancaran acara melalui kehadiran 1 unit BTS combat, 1 unit smallcell dan 3 imacro serta booth Telkomsel Corner di lokasi acara," demikian Fredy.

Baca juga: Telkomsel pastikan konektivitas dan layanan digital terdepan selama Nataru

Sebelumnya, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menyatakan bahwa selama momen perayaan Nataru, peningkatan aktivitas masyarakat di seluruh Indonesia dalam mengakses layanan digital, berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 11,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13 persen jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Nataru tersebut didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekira 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen. 

"Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen). Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen," kata Saki Hamsat.

Baca juga: Telkomsel hadirkan layanan PayLater

Baca juga: Telkomsel hadirkan aplikasi G20 Connect

Baca juga: Telkomsel tingkatkan layanan 4G di Seruyan dan Kapuas

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024