NTT hadirkan platform terbaru untuk penguatan layanan jaringan

id NTT ,SPEKTRA,Sentient Platform for Network Transformation

NTT hadirkan platform terbaru untuk penguatan layanan jaringan

Ilustrasi - SPEKTRA, layanan terbaru NTT Ltd (ANTARA/HO-Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi NTT Ltd meluncurkan platform global terbaru yaitu Sentient Platform for Network Transformation (SPEKTRA) untuk penguatan layanan jaringan kepada pelanggan.

Platform dengan otomotisasi paling canggih untuk meningkatkan efisiensi ini akan memberi pelanggan jalur langsung menuju transformasi jaringan, yang didukung oleh pengalaman layanan terkelola NTT, keahlian, dan sumber daya teknis yang luas.

"Kami sangat senang mengumumkan peluncuran platform baru ini untuk NTT Managed Networks," kata EVP Managed Enterprise Services NTT Ltd Amit Dhingra dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan SPEKTRA merangkum visi perusahaan untuk Network Operations Center (NOC) yang sepenuhnya otonom serta memanfaatkan AIOps, analisis prediktif, dan teknik otomatisasi, yang mengarah pada penguatan kinerja dan keandalan jaringan, peningkatan kemampuan pemantauan, serta peningkatan efisiensi operasional.

Baca juga: KTT ASEAN sediakan beragam fasilitas pusat media

SPEKTRA juga menggabungkan kemampuan cloud dan edge yang mencakup deteksi anomali yang ditingkatkan serta analitik akar penyebab yang selanjutnya meningkatkan fungsionalitas proaktif dan pre-emptive dari sistem manajemen tiket.

Selain itu, layanan terbaru ini ikut memanfaatkan kemampuan platform edge untuk memberikan kemampuan observasi jaringan lebih komprehensif yang dituntut oleh perusahaan.

Kemudian, SPEKTRA menyediakan kemampuan yang tidak hanya memantau jaringan klien NTT, tetapi juga layanan yang berjalan di atas jaringan dan bagaimana aplikasi memaksimalkan jaringan, sehingga memberikan kemampuan observasi yang sangat dibutuhkan klien ke dalam kinerja layanan dan aplikasi.

"SPEKTRA akan memanfaatkan kombinasi yang kuat dari inovasi NTT dalam AIOps dan keahlian solusi jaringan terkelola, kemitraan dengan penyedia teknologi terdepan, dan fokus layanan-sentris untuk memberikan solusi terbaik di kelasnya bagi pelanggan kami," ujar Dhingra.

Baca juga: NTT resmi miliki satu unit pesawat khusus logistik

Berbagai fitur utama SPEKTRA lainnya mencakup manajemen insiden berkemampuan kecerdasan buatan (AI), insight pengalaman layanan, managed prisma Secure Access Service Edge (SASE), managed cisco DNA Center, layanan MDR terkelola serta manajemen wi-fi tamu.

Secara keseluruhan, berbagai atribut pada SPEKTRA ini dapat meningkatkan kinerja jaringan, mendorong efisiensi operasional serta memberikan pengalaman pengguna dengan fokus pada hasil bisnis yang dicari perusahaan modern dari solusi jaringan terkemuka seperti NTT.

Baca juga: NTB dan NTT resmi tuan rumah PON 2028