Upgrade jaringan 4G kembali dilanjutkan di lima wilayah di Kalteng

id Telkomsel, General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Kalimantan, Fredy Hilton Tambunan, upgrade sinyal, sinyal 4g di kalte

Upgrade jaringan 4G kembali dilanjutkan di lima wilayah di Kalteng

Telkomsel kembali melanjutkan upgrade di ratusan kabupaten/kota se-Indonesia pada tahun 2023. ANTARA/HO-Telkomsel.

Palangka Raya (ANTARA) - Telkomsel di tahun 2023 akan kembali melanjutkan proses ugrade atau peningkatan/pengalihan layanan jaringan atau sinyal dari 3G ke 4G/LTE di seluruh Indonesia, dengan target 300 kota/kabupaten, yang lima diantaranya berada di Provinsi Kalimantan Tengah.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Kalimantan Fredy Hilton Tambunan melalui rilis diterima di Palangka Raya, Rabu, mengatakan bahwa lima wilayah di Kalteng yang akan diupgrade sinyal 4G itu terdiri dari Kabupaten Barito Utara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau dan Kota Palangkaraya.

"Upgrade ke 4G yang dimulai bulan Februari 2023 itu sebagai bukti komitmen Telkomsel dalam mendorong pemerataan dan kesetaraan akses konektivitas digital berteknologi terdepan bagi seluruh lapisan masyarakat," ucapnya.

Proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sendiri telah dilakukan oleh Telkomsel secara bertahap dan terukur sejak Maret 2022 dengan menargetkan 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia. Hingga akhir tahun 2022, Telkomsel sukses melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 204 kota/kabupaten.

"Melalui proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan di tahun 2022 (YoY) yang menggunakan uSIM 4G sebesar 7,3 persen, yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 18,2 persen (YoY)," beber Fredy.

Sebagai upaya mempercepat peralihan pelanggan yang menggunakan layanan 3G ke 4G/LTE, Telkomsel turut menghadirkan berbagai kemudahan bagi pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan. Pelanggan dapat memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online melalui tsel.me/graparionline. 

Baca juga: Telkomsel hadirkan paket khusus permudah akses konten hiburan digital

Pada mekanisme online, pelanggan dapat merasakan manfaat lebih karena kartu uSIM 4G akan diantarkan langsung ke alamat tujuan pelanggan. Informasi terkait proses ganti kartu, pelanggan dapat mengakses berbagai kanal informasi layanan Telkomsel seperti melalui akun resmi media sosial Facebook, Twitter dan layanan Virtual Assistant (VA) Telkomsel yang tersedia di sejumlah platform pesan instan terkemuka.

Sedangkan untuk mekanisme offline, pelanggan cukup mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat. Selama proses migrasi ke uSIM 4G dan pada saat registrasi uSIM, Telkomsel akan memastikan validasi registrasi data pelanggan yang terdaftar pada kartu non-4G sebelumnya sudah sesuai dengan identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

"Pelanggan disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# langsung dari ponsel pelanggan. Apabila terdapat ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan segera melakukan registrasi ulang dengan cara mengetik ULANGNIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444," demikian Fredy.

Baca juga: Trafik akses broadband di Kalimantan tumbuh 10,25 persen selama Nataru

Baca juga: Puaskan pelanggan di Kalimantan, Telkomsel hadirkan paket combo SAKTI

Baca juga: Telkomsel pastikan konektivitas dan layanan digital terdepan selama Nataru