Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memprioritaskan vaksinasi COVID-19 lanjutan untuk masyarakat terutama terhadap lanjut usia (lansia) dan warga yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta di daerah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, Jumat di Palangka Raya mengatakan vaksinasi dosis empat dan booster dua sesuai kebijakan pemerintah pusat. Vaksinasi ini ditujukan untuk masyarakat umum dari umur 18 tahun, lansia dan pemilik komorbid selain diprioritaskan juga gratis.

"Saya menyarankan kepada masyarakat untuk vaksin lanjutan baik dosis empat maupun booster dua tetap dilanjutkan, karena vaksin terbukti untuk mengebalkan kekebalan tubuh," kata Andjar Hari Purnomo.

Dia menuturkan, bagi masyarakat yang hendak menjalani vaksinasi bisa mendatangi layanan fasilitas kesehatan milik pemerintah yakni sejumlah puskesmas yang ada di daerah setempat.

Baca juga: Kejaksaan tetapkan pejabat DPKP Palangka Raya tersangka korupsi

Layanan vaksin lanjutan itu juga sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan oleh puskesmas atau rumah sakit setempat, masyarakat bisa mengakses melalui media sosial instagram yang telah disediakan oleh pemkot setempat.

"Bagi masyarakat yang sama sekali belum vaksin, agar segera bervaksin dengan mendatangi puskesmas terdekat. Vaksinasi COVID-19 memang sangat efektif mencegah penyebaran wabah COVID-19 yang sempat merebak di daerah kita," ucapnya.

Andjar Hari Purnomo mengungkapkan, meskipun penyebaran COVID-19 di daerah setempat sudah jauh melandai, masyarakat disarankan untuk membiasakan pola hidup sehat setiap harinya.

Menurutnya, dengan membiasakan pola hidup sehat, tentunya wabah tersebut tidak mudah menyerang kekebalan tubuh manusia yang selama ini benar-benar terjaga dengan baik.

"Terkait kebijakan selanjutnya kami juga menunggu arahan dari pemerintah pusat. Apabila ada aturan baru, maka kami yang di daerah selalu siap untuk menjalankan program pemerintah pusat sesuai dengan aturan," tambahnya.

Baca juga: Polisi sambangi sekolah di Palangka Raya cegah aksi penculikan anak

Baca juga: Tindak tegas seluruh mafia tanah di Kota Palangka Raya

Baca juga: Harga BBM nonsubsidi naik, pangan di Palangka Raya tetap stabil

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024