Kuala Kapuas (ANTARA) - Realisasi pendapatan daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada 2022 mencapai 110,52 persen dari target pendapatan yang ditetapkan.

"Untuk target pendapatan yang berasal dari pendapatan asli daerah yang sampai dengan akhir tahun 2022 yang terealisasi mencapai 92,95 persen dan realisasi PAD akan terus diusahakan peningkatannya dari tahun ke tahun," kata Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Rabu.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor dua di kabupaten setempat saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2022, pada rapat paripurna ke-1 masa persidangan II tahun sidang 2023, yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas di ruang paripurna DPRD.

Berdasarkan pencapaian kinerja pembangunan yang diukur dari indikator-indikator makro pembangunan daerah, realisasi indikator hingga 2022 menunjukkan pertumbuhan ekonomi kabupaten setempat tahun 2022 sebesar 7,04, dan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 4,71.

"Ini menandakan ekonomi di Kabupaten Kapuas semakin bertumbuh dari tahun ke tahun,” kata Wabup Nafiah Ibnor.

Baca juga: Bupati Kapuas dan Istrinya ditahan KPK

Dijelaskannya, bahwa LKPJ tahun anggaran 2022 ini memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan, utamanya menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama satu tahun anggaran.

Selanjutnya akan dibahas secara internal oleh DPRD dan hasil dari pembahasan tersebut berupa keputusan DPRD perihal rekomendasi dan catatan atas LKPJ kepada bupati untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di tahun berikutnya.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan segenap unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kapuas, unsur Forkopimda, instansi vertikal, BUMN/BUMD, TNI/POLRI, seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Kapuas, sehingga penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Kapuas pada tahun 2022 dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu, dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Yohanes, dihadiri sejumlah anggota DPRD setempat, Sekda Kapuas Septedy, Forkopimda setempat, serta kepala SOPD setempat.

Baca juga: KPK bawa dua koper besar usai geledah kantor Bupati Kapuas

Baca juga: Legislator Kapuas ajak warga tingkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran

Baca juga: Bupati Kapuas dan istrinya ditetapkan sebagai tersangka


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024