Pangkalan Bun (ANTARA) - Kodim 1014 Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menanam sebanyak 2.500 bibit tanaman mangrove di bibir pantai, Desa Kubu, Kecamatan Kumai dalam rangka Hari Mangrove Nasional.

"Total ada 2.500 bibit tanaman mangrove yang kita tanam di bibir pantai Desa Kubu di luas area kurang lebih 3 hektare," kata Dandim 1014/Pbn Letkol Arm Yoga Permana, Senin.

Yoga Permana menyampaikan, penanaman ini juga dalam rangka mengikuti puncak penanaman bibit mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Baca juga: KPU Kobar sambut Kirab Pemilu 2024 dari Kalbar

Dandim mengatakan, kegiatan penanaman bibit mangrove ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya mencegah terjadinya abrasi di pinggir pantai dan juga menjaga ekosistem pantai.

Pada kegiatan penanaman ini, diikuti juga oleh Polres Kobar, TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun, TNI AL Kumai, unsur Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat serta komponen masyarakat.

Baca juga: Disdik dan Balai Bahasa Kalteng gelar pelatihan revitalisasi Bahasa Daerah di Kobar

Setelah melakukan kegiatan penanaman, Dandim 1014/Pbn melanjutkan dengan kegiatan bakti sosial, dengan memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat sekitar yang lebih membutuhkan.

"Bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar yang lebih membutuhkan, semoga apa yang kita berikan ini bisa bermanfaat bagi penerimanya," demikian Dandim.

Baca juga: Mencuri motor 13 unit dalam setahun, pasutri di Kobar diringkus polisi

Baca juga: Disnakertrans Kobar: Kesiapan Desa Rangda jadi wilayah transmigrasi sudah menyeluruh

Baca juga: Dispora pastikan atlet Kobar siap berkompetisi di Porprov 2023

Pewarta : Safitri RA/M Arif Hidayat
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024