Pangkalan Bun (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah, Chaidir menyatakan bahwa pihaknya berencana melaksanakan berbagai kegiatan di enam kecamatan, sebagai upaya menggencarkan sosialisasi kepada para pemilih pemula.

Pernyataan itu disampaikan Chaidir disela-sela diskusi politik bersama para anggota DPRD, pengurus di semua partai politik dan tokoh masyarakat serta para mahasiswa di sekretariat KPU Kobar di Pangkalan Bun, Selasa.

"Setelah diskusi hari ini, kami akan lebih menggencarkan sosialisasi kepada para pemilih pemula yang ada di sejumlah kecamatan di kabupaten ini," ucapnya.

Tidak hanya itu, KPU Kabupaten Kobar juga akan menggencarkan sosialisasi Pemilu 2024 kepada penyandang disabilitas dan para kaum perempuan.

Chaidir mengatakan bahwa pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berada di Bundaran Pancasila, tepatnya di taman kota. 

"Kami juga akan libatkan langsung para pelaku UMKM di dalam mensosialisasikan pemilu ini kepada pengunjung yang hadir di taman tersebut," kata Chaidir.

Dia mengungkapkan bahwa pada pemilu tahun 2019, partisipasi pemilih di Kobar ini berada di angka 79 persen. Dan untuk pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng, partisipasi pemilih berkisar 81 persen. 

"Jadi, kami akan menggencarkan sosialisasi dengan harapan pada Pemilu 2024 partisipasinya di atas 80 persen, bahkan maksimal di atas 85 persen," kata  Chaidir.

Baca juga: KPU Kobar sambut Kirab Pemilu 2024 dari Kalbar

Terkait  diskusi politik bersama para anggota DPRD, pengurus di semua partai politik dan tokoh masyarakat serta para mahasiswa yang dilaksanakan KPU Kobar, diharapkan dapat menjadi pihak-pihak yang turut membantu sekaligus membawa pesan Pemilu 2024 sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

"Artinya ini tidak hanya lewat KPU saja, namun juga lewat anggota DPRD, kawan kawan partai politik, tokoh masyarakat dan juga mahasiswa, untuk bersama sama menyampaikan pesan pesan pemilu yang damai, aman dan dapat menghasilkan pemimpin pemimpin yang amanah," demikian Chaidir.

Baca juga: Kodim berpartisipasi jaga ekosistem pantai di Desa Kubu

Baca juga: Dispora pastikan atlet Kobar siap berkompetisi di Porprov 2023

Baca juga: Pemkab Kobar berencana bangun jalan baru sepanjang 789 km di tahun 2023

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024