Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menilai Kalimantan Tengah mempunyai potensi cukup besar untuk semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera karena potensi alamnya melimpah. 

"Saat ini Kalimantan Tengah merupakan provinsi terluas di Indonesia setelah Papua dimekarkan kembali. Mudah-mudahan dengan luasnya wilayah dengan sumber daya alam yang sangat melimpah ini, harapan Kita Kalimantan Tengah ke depan semakin jaya dan masyarakatnya semakin sejahtera," kata Halikinnor di Sampit, Selasa. 

Penilaian itu disampaikan Halikinnor usai memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 serta Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah. Upacara dilaksanakan di halaman kantor bupati diikuti perwakilan perangkat daerah dan instansi vertikal. 

Upacara peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan serentak oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing. 

Saat upacara, diperdengarkan sejarah singkat berdirinya Provinsi Kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah yang dulunya terdiri dari tiga kabupaten, kini berkembang menjadi 13 kabupaten dan satu kota. 

Menurut Halikinnor, Kalimantan Tengah mempunyai potensi besar, khususnya sumber daya alam yang melimpah. Pengelolaan yang tepat diyakini akan mampu membawa daerah ini semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera. 

Baca juga: UAS doakan Kotim semakin maju

Kotawaringin Timur sebagai bagian dari Kalimantan Tengah, terus berupaya meningkatkan pembangunan. Dampaknya juga akan menimbulkan imbas bagi provinsi ini. 

Sejak dulu Kotawaringin Timur menunjukkan kontribusi terhadap provinsi ini. Kotawaringin Timur termasuk dari satu dari tiga kabupaten yang menjadi cikal bakal terbentuknya Provinsi Kalimantan Tengah. 

Hingga saat ini, Kotawaringin Timur terus menunjukkan kontribusinya, seperti melalui laju pembangunan dan perekonomiannya sehingga turut berdampak terhadap perekonomian Kalimantan Tengah secara umum. 

Dengan potensi masing-masing kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, Halikinnor yakin provinsi ini akan semakin maju. Sinergitas yang baik antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota akan membuat laju pembangunan semakin cepat. 

"Kita sama-sama mendoakan semoga Kalimantan Tengah ini semakin maju dan semakin berkah sehingga masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Bupati Kotim serahkan legalitas penggunaan kios Pasar PPM

Baca juga: Ikuti 12 cabang, Kotim optimistis juara umum FBIM

Baca juga: Kotim masih kekurangan dokter gigi

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024