Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri meminta Muhammadiyah dan Aisyiyah berpartisipasi dalam memajukan daerah.

"Termasuk mencerahkan umat yakni untuk Barito Timur unggul dan berkemajuan,” kata Wabup Bartim Habib Saleh saat membuka musyawarah daerah IV Muhammadiyah dan Aisyiyah di Tamiang Layang, Sabtu.

Dia mengatakan, musyawarah daerah sangat penting dan memiliki nilai strategis untuk memantapkan program kerja organisasi agar senantiasa berjalan lebih baik, sekaligus memberi nafas segar dengan adanya kepengurusan yang baru.

“Musda ini harus bisa menghasilkan komitmen meningkatkan dan memantapkan kualitas serta eksistensi Muhammadiyah yang mencerahkan serta berkemajuan dimaksud,” tuturnya.

Baca juga: DPRD minta Pemkab Bartim waspadai ancaman karhutla

Lebih lanjut Habib Saleh menambahkan, musyawarah daerah ini juga menjadi sarana evaluasi dan perbaikan guna mewujudkan struktur organisasi kian kokoh dan mantap.

Selanjutnya, mampu membangun hubungan kerja sama yang baik dan harmonis antar sesama organisasi, dan turut membantu pemerintah kabupaten dalam menciptakan kesejahteraan, keadilan dan kedamaian di daerah.

“Seperti sambutan Bupati Barito Timur yang saya bacakan tadi bahwasanya Muhammadiyah diharapkan mampu menciptakan kesejahteraan, keadilan dan kedamaian di daerah,” tegasnya.

Baca juga: Pemkab Bartim berhasil turunkan angka stunting 6,8 persen

Namun demikian, kata Habib Saleh, Muhammadiyah selain bergerak di bidang keagamaan diharapkan juga bisa banyak bergerak di bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan sosial yang berwujud amal usaha meliputi sekolah, universitas, rumah sakit, panti asuhan dan amal-amal usaha lainnya.

Dia menambahkan, dirinya secara pribadi maupun mewakili pemerintah kabupaten akan mendorong musyawarah daerah kali ini mampu melahirkan dan menghadirkan "Amal Usaha" baru yang unggul di Barito Timur.


Baca juga: DPRD Barito Timur minta pendirian BUMDes Bersama dikaji ulang

Baca juga: Cuaca semakin panas, masyarakat Bartim diimbau jaga kondisi tubuh

Pewarta : Habibullah
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024