Kuala Kapuas (ANTARA) - Legislator Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Hairiah saat melaksanakan reses dalam daerah pemilihan menerima berbagai usulan masyarakat desa yang ada di dua kecamatan, yakni Kapuas Kuala dan Bataguh.

“Ada sejumlah desa di dua kecamatan yang kita kunjungi untuk menyerap aspirasi masyarakat disana,” kata Hairiah di Kuala Kapuas, Kamis.

Dia mengatakan, ada berbagai macam usulan masyarakat disampaikan kepada dirinya, mulai dari yang berkaitan pertanian, jalan, jembatan, perikanan, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Adapun sejumlah desa yang dikunjungi, yakni di Kecamatan Kapuas Kuala meliputi Desa Simpang Bunga Tanjung, Batanjung dan Baranggau, sedangkan Kecamatan Bataguh adalah Desa Bamban Raya, Terusan Raya dan Terusan Raya Hulu.

Hairiah menjabarkan di antaranya untuk Desa Simpang Bunga Tanjung masyarakat mengusulkan bantuan alat transportasi kelotok.

Selanjutnya Desa Batanjung mengusulkan peningkatan badan jalan, pembuatan jalan penghubung sepanjang 25 kilometer yang melalui antar dusun, hingga pembuatan jembatan sepanjang 50 meter menuju Handel Kayapak.

Baca juga: 317 jamaah haji Kapuas tiba dengan selamat

Kemudian Desa Baranggau, mengusulkan pembangunan wc umum untuk warga, karena desa setempat adalah prioritas sebagai lokasi fokus intervensi pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi di Kapuas pada 2023.

Lebih lanjut hal lainnya adalah penimbunan halaman, cor dan pemasangan paving untuk SDN 1 Desa Baranggau, hingga pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) di desa setempat.

Sedangkan untuk Kecamatan Bataguh di Desa Bamban Raya, Terusan Raya dan Terusan Raya Hulu, masyarakat menginginkan adanya pembuatan irigasi, bantuan ternak ayam dan pakan ayam, rehab masjid, pembangunan jembatan penyeberangan, pemasangan PJU dan lainnya.

‘Harapan kami apa yang menjadi usulan dan harapan masyarakat dapat diakomodir oleh pemerintah daerah setempat, melalui dinas terkait. Tentu saya selaku wakil rakyat dari Dapil V sangat mendukung untuk kepentingan masyarakat kita,” demikian Hairiah.

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi penanganan jalan Trans Kalimantan

Baca juga: Operasi Pasar Penyeimbang Pemprov jangkau masyarakat tujuh desa di Kapuas

Baca juga: Legislator Kapuas dukung festival panen hasil belajar Guru Penggerak

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024