DPMD Kapuas evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan

id Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas, DPMD Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kepala DPMD Kapuas, Budi Kurniawan, Kapuas, Kalteng

DPMD Kapuas evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan

Sekda Kapuas Septedy menyerahkan insteif desa secara simbolis pada kegiatan rakor evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan dan Lembaga Kedamangan di Kabupaten Kapuas, Kamis (17/10/2024). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan dan Lembaga Kedamangan di daerah setempat, Kamis.

Rakor ini bertujuan memperkuat koordinasi antara pemerintah daerah, desa, dan kelurahan serta Lembaga Kedamangan di wilayah ini, kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, usai kegiatan di Kuala Kurun.

"Termasuk upaya meningkatkan pelayanan dan tata kelola pemerintahan di tingkat desa," ucapnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan bagian dari upaya untuk menilai kinerja dan efektivitas pemerintahan desa/kelurahan serta memastikan bahwa program-program pembangunan desa berjalan sesuai dengan rencana. Evaluasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pelaksanaan anggaran, transparansi, akuntabilitas, hingga peran serta masyarakat dalam pembangunan desa.

"Hasilnya ini merupakan bahan kita untuk melakukan apa saja yang menjadi fokus-fokus perhatian kita, terutama yang dibahas terkait dengan program strategis pusat nasional, antara lain penanganan stunting, kemiskinan ekstrim dan juga permasalahan desa," kata Budi Kurniawan.

Dalam kegiatan rakor tersebut, pihaknya juga memberikan beberapa materi terkait dengan penanganan pencegahan korupsi di tingkat desa, dan juga pengembangan potensi lokal berskala besar seperti tanaman bio massa yang bekerjasama dengan PT PLN Pulang Pisau sebagai potensi desa.

Baca juga: Pemkab Kapuas kaji dokumen tindak lanjut pembangunan wisata Pulau Telo

"Harapannya melalui rakor ini, kita akan melihat apa yang menjadi kendala permasalahan yang dihadapi, dan kemudian kita mencari solusinya sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan maupun pelayanan masyarakat di desa bisa lebih optimal lagi kedepan," demikian Budi Kurniawan.

Rakor yang dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Darliansjah, bertempat di aula Rumah jabatan (Rujab) Bupati Kapuas ini, dihadiri oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kapuas Septedy, perwakilan dari berbagai desa, kelurahan, dan Lembaga Kedamangan serta sejumlah Organisasi Perangakat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Kapuas.

Baca juga: DPMD Kapuas ingatkan pemdes susun RKPDes mengacu pada RPJMDes

Baca juga: DPMD Kapuas dukung program Dashat Pemdes Wargo Mulyo

Baca juga: Pemkab gelar Pasar Murah Sapa Jemaat Kristiani di Kapuas