Sampit (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Irawati menilai banyak hal positif dari momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya semakin mempersatukan masyarakat. 

"Kita lihat saja di perumahan-perumahan banyak yang menggelar berbagai kegiatan seperti syukuran, upacara hingga perlombaan. Kegiatan itu menjadi ajang silaturahmi sehingga membuat masyarakat kita semakin harmonis, kompak dan bersatu," kata Irawati di Sampit, Selasa. 

Tahun ini Indonesia merayakan 78 tahun kemerdekaan. Suka cita itu dirasakan seluruh rakyat, tidak terkecuali masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Pemerintah daerah menggelar berbagai kegiatan seperti pawai pembangunan, pembagian puluhan ribu bendera dan lainnya. Sementara itu, masyarakat juga turut memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan dengan menggelar berbagai lomba di lingkungan masing-masing.

Meski puncak peringatan Hari Kemerdekaan sudah dilaksanakan pada 17 Agustus lalu, namun saat ini masih banyak warga yang menggelar berbagai kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Baca juga: Masyarakat Kotim diminta waspadai berbagai penyakit imbas kemarau

Irawati pun turut memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan ini dengan menggelar berbagai perlombaan di rumah dinas wakil bupati di Jalan Achmad Yani. Berbagai lomba yang digelar seperti tarik tambang, makan kerupuk, kelereng, mengisi air dalam botol, memasukkan pensil ke dalam botol, topi kawat, joget bola dan lainnya. 

Hiburan ringan ini diikuti puluhan peserta yang merupakan pegawai yang bertugas di rumah jabatan dari Sekretariat Daerah, Satpol Polisi Pamong Praja serta perwakilan anggota Persatuan Wartawan Indonesia. 

Menurut Irawati, kegiatan seperti membawa manfaat positif, khususnya dalam hal silaturahim. Kegiatan ini juga menjadi hiburan untuk sekadar menghilangkan kepenatan di sela rutinitas sehari-hari. 

Dia mengajak seluruh masyarakat menjadikan perayaan Hari Kemerdekaan ini sebagai momentum untuk mengenang jasa para pahlawan serta memacu motivasi diri untuk berbuat lebih banyak lagi agar bisa memberikan manfaat bagi orang lain dalam mengisi kemerdekaan ini. 

"Mari kita tingkatkan kebersamaan dan kekompakan dalam membangun daerah yang kita cintai ini, sesuai dengan motto daerah kita "habaring hurung" atau bergotong royong. Ini kekuatan besar kita dalam membangun dan menghadapi tantangan saat ini hingga di masa akan datang. 

Baca juga: Wartawan muda antusias ikuti pelatihan jurnalistik HUT PWI Kotim

Baca juga: BGA Group kembali berangkatkan umrah 17 pemanen sawit terbaik

Baca juga: Masyarakat Kotim diminta tidak ragu berobat

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024