Palangka Raya (ANTARA) -
Perum Bulog menyampaikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah pada tahun 2024 menyasar sebanyak 18.727 penerima.
 
"Bantuan pangan untuk wilayah Katingan ini sudah dilaksanakan peluncurannya bersama Penjabat Bupati beserta jajaran," kata Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalimantan Tengah, Budi Cahyanto di Palangka Raya, Sabtu.
 
Setiap penerima bantuan pangan mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram di setiap bulannya, terhitung sejak Januari hingga Juni 2024.
 
"Jumlah penerima bantuan ini menyesuaikan data terbaru Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang disampaikan kepada kami pada 2024 ini," jelasnya.
 
Sementara itu pendistribusian bantuan pangan masih dilakukan sama dengan pola tahun lalu, terutama melibatkan Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang), Bulog, serta Kantor Pos.
 
"Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan monitoring untuk memastikan bantuan sampai menuju sasaran serta terlaksana dengan baik, sedangkan kami (Bulog) bertindak sebagai penyedia beras bantuan kepada masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng di Kapuas disambut antusias masyarakat
 
Kemudian Kantor Pos bertindak sebagai pengirim bantuan mulai dari gudang Bulog hingga kepada seluruh masyarakat penerima di seluruh kabupaten dan kota, baik di wilayah perkotaan maupun pelosok perdesaan.
 
"Untuk ketersediaan beras yang disalurkan sebagai bantuan bagi masyarakat, kami telah memastikan terpenuhinya semua keperluan dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah tersebut," jelasnya.
 
Lebih lanjut Budi menyampaikan, selain Katingan, berbagai daerah lain di Kalimantan Tengah juga telah melaksanakan peluncuran sekaligus mulai pendistribusian bantuan pangan tersebut, di antaranya provinsi, Pulang Pisu, Kapuas, Kotawaringin Timur, hingga Seruyan.

Baca juga: BPBD Kotim terima hibah kendaraan dan peralatan pemadam dari provinsi

Baca juga: Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan Pemprov Kalteng jangkau masyarakat Pulang Pisau

Baca juga: Pemprov Kalteng kirim 100 ribu paket sembako bantu warga terdampak banjir

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024