Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, menyalurkan sebanyak 400 paket sembako kepada petani di Desa Kumpai Batu Bawah dan Desa Tanjung Terantang yang terdampak banjir beberapa waktu lalu.

"Kurang lebih ada 400 paket sembako yang kita salurkan kepada para petani yang terdampak banjir, yaitu dua ratus paket untuk petani di Desa Kumpai Batu Bawah dan dua ratus paket untuk petani di Desa Tanjung Terantang," kata Penjabat (Pj) Bupati Kobar Budi Santoso di Pangkalan Bun, Sabtu.

Baca juga: Pj Bupati Kobar minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir

Budi mengatakan, penyaluran bantuan tersebut merupakan respon pemerintah daerah terhadap musibah yang melanda para petani.

"Akibat dari curah hujan cukup tinggi beberapa waktu lalu, mengakibatkan tanaman mereka tergenang banjir, dan dipastikan gagal panen," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng kaji penataan kawasan permukiman rawan banjir

Kegiatan tersebut juga sebagai upaya Pemkab Kobar dalam menanggulangi inflasi yang dapat terjadi akibat bencana alam dan juga sebagai bentuk solidaritas.

Budi mengungkapkan, bantuan tersebut sangat penting yaitu sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap para petani yang sedang mengalami kesulitan akibat bencana alam. 

Baca juga: BMKG peringatkan potensi banjir rob di pesisir Kobar

"Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban para petani yang terdampak banjir," ungkapnya.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Kobar tersebut juga melakukan peninjauan langsung ke lokasi area irigasi persawahan di desa.

Baca juga: Pemkab Kobar jadikan peringatan pertempuran 14 Januari 1946 sebagai agenda rutin

"Kunjungan ini untuk memahami secara langsung dampak yang ditimbulkan oleh banjir serta mengevaluasi kebutuhan yang masih dibutuhkan oleh para petani," disampaikannya.

Budi menambahkan, dirinya berharap dengan upaya ini semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama tetap terjaga, sehingga proses pemulihan pasca-banjir dapat berjalan lebih lancar dan efektif bagi masyarakat petani di Kobar.

Baca juga: Pj Bupati minta peran aktif masyarakat menjaga kondusivitas Kobar jelang pemilu

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Fungsikan anggaran sesuai ketentuan dan sudah ditetapkan

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024