Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terus berupaya membersihkan sejumlah drainase setempat, untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat cuaca ekstrem.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan di BPBD Kota Palangka Raya Heri Fauzi di Palangka Raya, Senin, mengatakan pembersihan drainase di sejumlah titik tidak lain adalah arahan dari Penjabat (Pj) Wali kota Palangka Raya Hera Nugrahayu agar kawasan yang dianggap rawan banjir saluran drainasenya berfungsi dengan baik.

"Kami menyebutkan kegiatan ini adalah kerja bakti pembersihan drainase di kawasan Jalan Sehat Adji yang selama ini saat cuaca ekstrem mengalami banjir di kawasan setempat," kata Heri Fauzi.

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota Palangka Raya juga akan dilibatkan untuk melakukan penanganan hal tersebut. Hal ini dilakukan kolaborasi agar persoalan-persoalan banjir dan lain sebagainya bisa teratasi dengan baik.

Karena kalau hanya dilakukan oleh satu instansi saja, tentunya persoalan seperti ini tidak bisa di selesaikan dengan cepat.

"Kalau kolaborasi dengan OPD terkait, tentunya persoalan ini cepat selesai dan apa bila hujan turun dengan intensitas tinggi maka kawasan setempat tidak akan banjir," ucapnya.

Heri juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang berada di Kota Palangka Raya agar meningkatkan kesadarannya agar selalu membersihkan drainase baik depan rumahnya atau saluran drainase yang berada di jalan protokol.

Sebab, dengan membersihkan saluran drainase seminggu atau sebulan sekali dilakukan oleh masyarakat, tentunya persoalan ini tidak akan muncul dan mengganggu kenyamanan warga.

"Kepedulian kita harus ditingkatkan dalam melakukan kerja bakti, terutama dalam membersihkan saluran drainase. Kami juga masih memantau kawasan mana saja yang rawan banjir dan nantinya akan dilakukan penanganan serupa," demikian Heri Fauzi.

Beberapa waktu lalu cuaca Kota Palangka Raya diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan durasinya cukup lama. Alhasil sejumlah titik di daerah setempat terendam banjir, sehingga mengganggu aktivitas kendaraan yang melintas saat itu.

Saat ini juga, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui sejumlah instansi terkait lainnya juga gencar melakukan pembersihan drainase di sejumlah titik dengan tujuan agar air mudah mengalir saat hujan turun.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024