Palangka Raya (ANTARA) - Tim SAR gabungan berhasil menemukan seorang warga bernama Melki yang sebelumnya tenggelam saat mandi di Daerah Aliran Sungai Katingan (DAS) Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Pada Senin (13/05) pukul 01.00 WIB dini hari, pencarian korban membuahkan hasil. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dengan jarak sekitar satu kilometer dari lokasi awal kejadian," kata Kepala Basarnas Palangka Raya AA Alit Supartana di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, dengan telah ditemukannya korban dan telah dievakuasi, maka secara resmi Operasi SAR dinyatakan ditutup.

"Kemudian semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dan dengan ucapan terima kasih," kata Alit.

Dia mengungkapkan, mulanya warga Desa Tarusan Danum Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan atas nama Melki (42), diduga hilang atau tenggelam di Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan Kecamatan Tewang Sangalang Garing pada Sabtu (12/05).

Berdasarkan keterangan saksi yang merupakan keluarga korban, korban mandi di lanting atau rakit apung. Beberapa saat kemudian saksi menghampiri ke lanting namun tidak melihat keberadaan korban, hanya terdapat sendal dan peralatan mandi milik korban.

Baca juga: Seorang warga Katingan diduga hilang tenggelam

Saksi berusaha mencari korban di sekitar rumah, dan memberitahukan ke keluarga yang lain bahwa korban tidak ada. Keluarga korban melaporkan kejadian tersebut ke aparat setempat.

Mendapat informasi kejadian tersebut Kepala Basarnas Palangka Raya memberangkatkan satu SRU atau "Search and Rescue Unit" untuk melakukan pencarian.

"Kami berangkatkan 1 SRU dengan sarana Rubber boat, drone thermal dan peralatan pendukung untuk melakukan pencarian," kata Alit.

Mahdi selaku koordinator lapangan operasi SAR mengatakan usai pencarian dinyatakan berhasil, jenazah korban yang telah ditemukan, selanjutnya dievakuasi.

"Tim melakukan evakuasi jenazah menggunakan ambulan yang selanjutnya korban dan serahkan ke pihak keluarga," kata Mahdi.

Unsur SAR yang terlibat antara lain Tim Rescue Basarnas Palangka Raya, Koramil Tewang Sanggalang, Polsek Tewang Sanggalang, BPBD Kabupaten Katingan, Damkar Tewang, Perangkat Kecamatan, Satgas Desa, keluarga dan masyarakat setempat.

Baca juga: Jenazah tanpa identitas ditemukan hanyut di sungai Katingan

Baca juga: DPRD Katingan sampaikan 12 rekomendasi terhadap LKPJ Bupati

Baca juga: KPU Katingan tetapkan perolehan kursi dan 25 caleg DPRD


Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024