Pangkalan Bun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menyatakan peran aktif masyarakat sangatlah penting dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.
 
"Kurang lebih dalam jangka waktu delapan bulan pelaksanaan Pilkada serentak, kita mengharapkan dukungan dan partisipasi dari masyarakat dalam menyukseskannya," kata Kepala Kesbangpol Kobar Edie Faganti di Pangkalan Bun, Jumat.
 
Dia mengatakan pada 27 November 2024, merupakan hari penentuan yakni masyarakat bersama-sama akan memilih dan menentukan pemimpin daerah.
 
Oleh karenanya Edie mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah serta memerangi penyebaran kabar bohong atau hoaks, politik uang, SARA serta hal-hal lain yang dapat memecah belah.
 
"Mari kita jaga keharmonisan, tumbuhkan rasa aman bagi masyarakat dengan menciptakan suasana kondusif di tengah pergolakan pesta demokrasi," ajaknya.

Baca juga: KPU Kobar ingatkan PPK patuhi aturan
 
Dia juga meminta penyelenggara dan unsur terkait untuk dapat bersikap netral. Hal ini tentunya, guna mendukung terciptanya pelaksanaan Pilkada yang demokratis tanpa adanya konflik- konflik kepentingan di antara masyarakat.
 
Hal tersebut disampaikannya, saat pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar.
 
Edie menjelaskan, Pemkab Kobar juga berkomitmen memberi dukungan penuh demi kelancaran pelaksanaan Pilkada, yaitu menyediakan sarana prasarana sekretariat PPK.
 
"Untuk itu kami mendukung penggunaan fasilitas milik instansi pemerintah khususnya di pemerintahan kecamatan, untuk bisa mendukung penyediaan sarana pendukung kesekretariatan tanpa adanya pungutan biaya apapun," ungkapnya.
 
Dia menambahkan, dirinya berharap pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini dapat berjalan lancar, serta memilih pemimpin daerah yang akan membawa daerah setempat menuju kemajuan pembangunan yang berkelanjutan.
 
"Semoga Pilkada 2024 ini berjalan sukses, tertib, aman dan lancar, untuk mewujudkan Kobar yang mandiri, sejahtera dan religius," demikian Edie Faganti.

Baca juga: DPUPR Kobar tingkatkan pembangunan jalan secara bertahap

Baca juga: Pemkab Kobar kirimkan 173 orang ikuti FBIM 2024

Baca juga: Pemkab Kobar siap mengikuti ajang Piala Adipura 2024

Pewarta : Safitri RA
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024