Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor memberangkatkan 161 calon haji menuju tanah suci, seraya meminta jamaah mendoakan Kotim, khususnya menjelang Pilkada 2024.

“Saya mohon kepada seluruh jamaah calon haji untuk mendoakan kehidupan bangsa dan negara, khususnya Kotim. Agar nantinya dapat melaksanakan Pilkada dalam keadaan aman dan sukses, sehingga pembangunan dapat terus dilanjutkan,” ucap Halikinnor di Sampit, Jumat. 

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara pelepasan jamaah calon haji di aula rumah jabatan Bupati Kotim. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Irawati, Kepala Kantor Kemenag Kotim, Sekda Kotim, Forkopimda dan tamu undangan. 

Halikinnor menyebutkan, merupakan nikmat yang sangat besar bagi jamaah calon haji untuk dapat memenuhi panggilan Allah SWT ke Baitullah Alharam di Makkah, untuk menunaikan ibadah haji sekaligus berkunjung ke tempat-tempat momental bagi umat Islam.

Kesempatan berharga ini tidak boleh disia-siakan oleh jemaah calon haji, sebab banyak umat Islam yang menunggu untuk dipanggil melaksanakan ibadah haji ini. 

Oleh sebab itu, ia pun menyampaikan beberapa pesan kepada para jamaah, yakni tingkatkan kedekatan kepada nilai-nilai Illahi selama di perjalanan dan senantiasa berupaya membersihkan jiwa dan hati dengan amalan-amalan ibadah haji. 

Baca juga: Wabup sebut kesuksesan digital farming cabai jadi contoh petani di Kotim

“Mulai lah amalan haji dengan sikap pasrah dan berserah diri hanya kepada Allah SWT dengan ucapan talbiah,” imbuhnya. 

Para jamaah diminta memperbaiki moralitas diri dalam bergaul sesama jemaah calon haji selama di tanah suci dengan tidak berkata-kata kasar dan buruk, bersikap santun, ramah dan  rendah hati yang dapat memberikan dampak baik sepulangnya ke tanah air.

Mendoakan kehidupan bangsa dan negara, khususnya Kotim agar pembangunan dapat terus dilanjutkan. Doakan seluruh komponen bangsa agar diberikan kesabaran lebih dan tidak mengedepankan emosi dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada.

“Dan tak kalah penting jaga kesehatan dan terus selalu mendekatkan diri kepada Illahi. Kembangkan sikap-sikap ukhuwah seperti toleransi, lapang dada, kebersamaan saling asah asih dan asuh sesama jemaah haji,” demikian Halikinnor. 

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah, Rihel menyampaikan jumlah jamaah calon haji Kotim yang melunasi BPIH tahun 1445 Hijriah / 2024 Masehi sebanyak 161 orang dan siap diberangkatkan ke tanah suci. 

161 jamaah calon haji tersebut terdiri atas 72 laki-laki dan 89 perempuan. Terdapat tiga jamaah yang menggunakan kursi roda dan delapan orang lanjut usia (lansia), usia tertua 93 tahun atas nama Sanimah dari Kecamatan Cempaga dan usia termuda 18 tahun atas nama Sri Marpela dari Kecamatan Baamang. 

Baca juga: Perkuat dukungan, Halikinnor daftar ke PKB

“Saat ini kondisi semua jamaah calon haji Kotim dalam keadaan sehat dan siap untuk diberangkatkan ke tanah suci,” ucapnya. 

Pemkab Kotim juga membiayai dua orang Petugas Haji Daerah (PHD), yaitu satu pembimbing ibadah dan satu tenaga pelayanan kesehatan. 

Para jamaah calon haji Kotim resmi diberangkatkan dari Kota Sampit pada Sabtu 18 Mei 2024 menuju embarkasi Banjarmasin menggunakan pesawat yang disiapkan Pemkab Kotim dan keberangkatan dibagi dalam dua trip. 

Kemudian, jamaah calon haji Kotim dijadwalkan berangkat dari embarkasi Banjarmasin menuju Madinah pada 19 Mei 2024 pukul 08.20 WITA, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 8106.

“Jamaah calon haji Kotim berada pada kelompok terbang (kloter) enam, bergabung dengan Kabupaten Kapuas sebanyak 105 jamaah dan Katingan 46 jamaah. Jadi total 320 jamaah,” lanjutnya. 

Dalam rangka memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada jamaah calon haji Pemkab Kotim telah memberikan bantuan dan tunjangan pelayanan, meliputi transportasi udara berupa sewa pesawat pemberangkatan dan pemulangan dari Sampit menuju embarkasi Banjarmasin dan dari embarkasi Banjarmasin menuju Sampit. 

Selanjutnya, disiapkan transportasi darat berupa bus dari bandara Syamsudin Noor ke asrama haji Banjarbaru maupun sebaliknya pada saat pemulangan. Disediakan angkutan barang dan bongkar muat bawaan jamaah haji pada pemberangkatan dan pemulangan. 

Biaya keamanan kegiatan pemberangkatan dan pemulangan haji, acara pelepasan dan pemberangkatan serta penerimaan jamaah haji ketika tiba di tanah suci nantinya. Konsumsi di perjalanan menuju embarkasi Banjarmasin, baju seragam dan uang saku bagi para jamaah. 

Baca juga: Wabup sebut kesuksesan digital farming cabai jadi contoh petani di Kotim

Baca juga: Pemkab Kotim turunkan status tanggap darurat jadi pemulihan bencana banjir

Baca juga: Wabup Kotim sebut FBIM sarana menjaga budaya agar tetap lestari


Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024