Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini mengimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat di daerah ini untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pilkada tahun ini pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara pada 27 November 2024.

"Kami selaku unsur pimpinan DPRD Barito Utara mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi dan suasana kondusif yang selama ini sudah terpelihara jelang Pilkada 2024,” kata Mery Rukaini, di Muara Teweh, Rabu. 

Ketua DPRD ini juga berharap, masyarakat di daerah juga hendaknya mengawasi dan memantau agar proses pelaksanaan pilkada agar berjalan aman, tertib dan juga lancar tanpa ada hambatan serta gangguan di lapangan.

Masyarakat, katanya, berperan aktif dalam mengawasi selain pengawasan dari Bawaslu agar setiap tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Barito Utara berjalan jujur dan adil.

KPU sebagai penyelenggara pemilu bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya didukung seluruh perangkat baik di tingkat panitia pemungutan suara hingga tingkat kecamatan

"Harapan kami, KPU sebagai unsur penyelenggara bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan Bawaslu sebagai pengawas juga melakukan pengawasan sehingga pemilu bisa berjalan jujur dan adil," ucap Mery Rukaini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Barito Utara Rayadi meminta kepada semua komponen masyarakat untuk mendukung tahapan pelaksanaan pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara 2024.

“Saat ini KesbangPol Barito Utara bersama pihak terkait di daerah ini telah melakukan konsolidasi untuk persiapan Pilkada 2024 di wilayah ini,” kata Rayadi.

Dia mengatakan KesbangPol Barito Utara bersama TNI-Polri serta Pol PP, para Camat, Lurah dan Kepala Desa di daerah ini melakukan pemetaan terkait kerawanan dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 untuk memudahkan dalam penanggulangan dan pengamanan pilkada nanti.

Rayadi juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara yang mempunyai hak pilih nanti untuk bisa menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

“Kami mengingatkan agar para pendukung dan pemilih para kandidat bakal calon kepala daerah, untuk selalu menjaga keamanan serta ketertiban, demi terciptanya iklim Pilkada Barito Utara yang kondusif, aman dan lancar,” tegas Rayadi.
 

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024