Kasongan (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Wahyuni mengatakan, sebanyak 469 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di wilayah setempat mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilkada Serentak 2024.

"Para petugas Pantarlih yang baru saja dilantik ini akan melakukan coklit di 13 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan," kata Wahyuni di Kasongan, Senin.

Dia mengatakan, sebanyak 469 Pantarlih ini ditempatkan pada 303 TPS saat Pilkada 2024.

Wahyuni mengatakan apabila pada 1 TPS berjumlah lebih dari 400 Pemilih, maka akan ada 2 orang Pantarlih yang akan bertugas. Kemudian, apabila Pemilih dibawah 400 pada 1 TPS maka akan ada 1 petugas Pantarlih.

Pernyataan itu diungkapkan dia usai Pelantikan Pantarlih Kecamatan Katingan Hilir berada di halaman kantor KPU setempat. Pelantikan juga dilanjutkan pelaksanaan Apel Siaga.

Turut hadir pada pelantikan tersebut seperti Plh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Katingan, Deddy Ferras dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Korban tenggelam di Sungai Katingan ditemukan meninggal dunia

Sesuai instruksi KPU RI, Pantarlih ini terlebih dulu bertugas untuk melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian atau Coklit serentak mulai tanggal 24 Juni 2024 sampai tanggal 25 Juli 2024. Sehingga mereka bekerja kurang lebih satu bulan.

"Hari ini kita akan melaksanakan Coklit, terkhusus di Kabupaten Katingan kita melaksanakan 1 orang Pantarlih untuk 5 Kepala Keluarga yang kita Coklit. Jadi kami berharap dalam waktu masa tugas Pantarlih ini semua pemilih yang mempunyai hak pilih itu memang benar-benar kita sediakan haknya," katanya.

Sementara terkait target untuk jumlah Pemilih untuk Pilkada Katingan, dia mengatakan, Sesuai data DP4, pihaknya menyiapkan sebanyak 125 ribu pemilih. Sehingga dalam waktu kurang lebih satu bulan Pantarlih bertugas, kemungkinan besar dari jumlah tersebut diperkirakan terjadi penyesuaian dikisaran 115-130 ribu Pemilih.

"Karena data DPT di Pemilu terakhir kemarin berjumlah 124 ribu Pemilih. Sebelumnya pada tanggal 23 kemarin, KPU sudah melaksanakan Bimbingan Teknis kepada semua Pantarlih. Jadi sebelum dilantik mereka sudah diberikan bimbingan teknis terlebih dulu," jelasnya.

Dengan demikian, pada saat mereka melaksanakan tugas di lapangan sudah menguasai apa-apa yang harus dikerjakan.

"Selama bertugas, anggota Pantarlih juga sudah dibekali dengan topi, topi dan juga buku panduan dan ATK untuk digunakan saat melaksanakan tugas Coklit kepada masyarakat Kabupaten Katingan," katanya.

Baca juga: Mobil Kapolsek Katingan Hulu tercebur, satu orang diduga hilang tenggelam

Baca juga: Sebuah rumah di Kasongan terbakar diduga akibat ponsel meledak

Baca juga: Bupati Katingan ajak masyarakat bersama-sama jaga keamanan

Pewarta : Naslee/Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024