Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Budi Santosa mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat, agar terlibat aktif dan bertindak nyata dalam upaya menyelamatkan lingkungan.

Ajakan itu disampaikan dirinya usai menghadiri kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 di Pangkalan Bun, Rabu.

"Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, mari kita tingkatkan kesadaran masyarakat, agar melakukan tindakan yang nyata dalam penyelamatan lingkungan," tambahnya.

Dikatakan, hari lingkungan hidup pada tahun ini menyongsong tema Restorasi Lahan, Penggurunan dan Ketahanan terhadap Kekeringan, dengan slogan "Our Land, Our Future, Generation Restoration".

Budi mengatakan, bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini di fokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, Pengendalian Desertifikasi dan ketahanan terhadap kekeringan.

"Hal itu mengingat dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens, baik krisi perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta Krisi polusi dan limbah," ucapnya.

Dia menyampaikan, pemulihan lingkungan menjadi kunci dalam mengatasi degradasi lahan. Hal itu juga sekaligus dapat meningkatkan mata pencarian, mengurangi kemiskinan dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrim.

Termasuk pemulihan tersebut selain menghasilkan manfaat ekosistem yang signifikan, juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan keberlanjutan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Pemkab Kobar dukung poklahsar perikanan berkembang dengan sejumlah bantuan

Budi mengungkapkan, melalui momentum Hari Lingkungan Hidup ini dapat menambah semangat bersama dalam memperbaiki diri serta berperilaku adil terhadap lingkungan.

"Menjaga keseimbangan antara manusia dan alam harus dikedepankan, maknai dan hargai fungsi alam yang sesungguhnya sebagai penopang kehidupan," ungkapnya.

Dia menambahkan, dirinya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kobar, untuk saling membantu dan membangun sinergi yang kuat.

"Hal itu guna menyelesaikan tugas bersama dalam upaya menghadirkan kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh dan berkeadilan," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar minta kontingen Pesparawi jaga kekompakan

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar tegaskan tidak ada tes calistung dalam PPDB SD

Baca juga: Pj Bupati Kobar sebut penguatan industri kuliner dukung kemajuan sektor pariwisata

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024