Puruk Cahu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah, AKBP Irwansah mengatakan pihaknya akan gencar melakukan patroli siber di dunia maya atau media sosial sebagai bagian dari kegiatan untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Patroli siber dilakukan setiap hari dengan fokus pada berita dan informasi terkait Pilkada Murung Raya, terutama postingan-postingan di media sosial, baik itu Facebook, TikTok, Instagram, X serta lain sebagainya, kata Irwansyah di Puruk Cahu, Sabtu.

“Selain dilakukan oleh tim kami di Polres Murung Raya, juga kami minta bantu semua kalangan. Misal kalau ada menjumpai berita atau postingan di media sosial yang menjurus ke arah perpecahan segera laporkan,” katanya.

Baca juga: Pj Sekda Murung Raya: Pembangunan berkelanjutan wajib jaga keberlangsungan sumber daya

Keseriusan kegiatan patroli siber itu, menurut Irwansah, untuk menghindari terjadinya kebencian antar kalangan, menimbulkan permusuhan, dan kecemasan pada masyarakat. Sebab menurutnya, sumber informasi hoaks tidak jelas atau anonim, cenderung memojokkan pihak tertentu.

“Ini serius kita lakukan. Misalnya kawan-kawan media ada menemukan (info hoaks) segera laporkan ke tim atau ke saya langsung dengan mengirimkan bukti tangkap layar postingan itu, dan pasti kami akan tindaklanjuti” tambah Irwansah.

Untuk itu Irwansah juga mengimbau agar masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita yang diterima dari media sosial. Masyarakat diminta selalu mengecek kebenaran informasi sebelum dibagikan, serta melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan berita hoaks

"Dengan upaya patroli siber dan peran aktif masyarakat, diharapkan penyebaran hoaks dapat diminimalisir dan Pilkada serentak di 2024 ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif," demikian Irwansah.

Baca juga: HUT Bhayangkara di Mura ditandai penanaman pohon

Baca juga: Ikuti Pesparawi XVII tingkat provinsi, Murung Raya kirim 105 peserta

Baca juga: Ketua DPRD Mura ajak masyarakat tingkatkan kerukunan jelang pilkada


Pewarta : Supriadi
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024