Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan, mendukung kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas kepala desa dan BPD serta perangkat desa tentang pendalaman tugas pokok dan fungsinya se-Kecamatan Bataguh.

“Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kecamatan Bataguh ini, terkait peningkatan kapasitas baik kepala desa, BPD dan perangkat desanya,” kata Budi Kurniawan, usai kegiatan, Selasa.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pemerintah desa.

Kegiatan juga bertujuan agar ada kesamaan persepsi antar unsur-unsur di desa baik BPD, perangkat desa dan kepala desa, sehingga ini bisa dilaksanakan berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Baca juga: Pemdes diminta lebih aktif dalam program penanganan stunting di Kapuas

“Tadi sudah menyampaikan beberapa materi terkait dengan BPD, perangkat desa dan kepala desa, dan juga arah-arah pembangunan kita ke depan untuk mendorong pemerintah desa bisa lebih baik lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Bataguh Syuryadin mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menunjang kapasitas perangkat desa, BPD dan kepala desa yang ada di lingkungan Kecamatan Bataguh.

Dijelaskannya, banyak perubahan dalam menjalankan pemerintahan desa sekarang ini, baik itu format tugas maupun hal lainnya. Untuk itulah harus diadakan bimbingan kepada perangkat desa, BPD dan lainnya untuk lebih mengetahui akan tugasnya.

“Harapan kita, ikutilah acara bimbingan teknis ini untuk menjadi sarana kita dalam menggali hal yang akan membimbing kita  dalam menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya. Harapan kami semoga dengan adanya kegiatan ini, agar para kepala desa, BPD dan perangkat desa itu bisa meningkatkan SDM-nya agar bisa mereka  menghadapi era globalisasi dalam artian penyambutan daripada undang-undang desa itu,” demikian Syuryadin.

Baca juga: Wujudkan impian masyarakat, Pj Bupati Kapuas resmikan Rumah Sakit Pratama Pujon

Baca juga: Pemkab Kapuas kirim 79 pelajar ikuti Selekda Pra Popnas Kalteng

Baca juga: Polisi tangkap seorang pelaku pembunuhan sadis Kapuas di Kalsel


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024