Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepengurusan Lembaga Perempuan Dayak Kabupaten Kapuas, masa bakti 2024-2028, resmi dikukuhkan oleh Ketua Lembaga Perempuan Dayak Provinsi Kalimantan Tengah, Debora di Aula Rujab Bupati Kapuas, Senin.

“Saya berpesan kepada ibu-ibu pengurus yang baru dilantik agar membangun organisasi yang solid dan kuat dengan struktur organisasi yang jelas, program kerja yang terukur dan komunikasi yang efektif antar pengurus,” kata Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik  Setda Kapuas Raison, dalam sambutannya.

Dikatakannya, sejak dahulu kala perempuan dayak telah memainkan peran penting dalam sejarah dan budaya masyarakat Dayak, mereka adalah penjaga nilai-nilai luhur budaya dayak, pendidikan bagi anak-anak dan penggerak ekonomi keluarga.

“Di masa perjuangan kemerdekaan mereka juga berperan aktif serta turut berjuang dan bahu membahu dalam masa perjuangan kemerdekaan,” katanya.

Ia mengharapkan kepada pengurus Lembaga Perempuan Dayak Kapuas, dapat menjadi wadah bagi perempuan dayak untuk mengembangkan potensi diri melalui pelatihan.

Baca juga: Guru PPPK di Kapuas diminta laksanakan tugas dengan sepenuh hati

“Melalui pelatihan-pelatihan workshop dan berbagai kegiatan bidang seperti bidang ekonomi dan kesehatan serta berperan aktif dalam penurunan stunting di Kabupaten Kapuas,” harapnya.

Lembaga Perempuan Dayak memilih peran yang strategis dalam membentuk perempuan dayak untuk mengatasi berbagai tantangan dan meraih peluang serta lembaga ini diharapkan menjadi wadah bagi perempuan Dayak untuk mengembangkan potensi diri melalui pelatihan.

“Selanjutnya kami sangat berharap nantinya meningkatkan kapasitas pengurus melalui latihan atau workshop tentang kepemimpinan, manajemen organisasi dan advokasi-advokasi,” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya sangat berharap untuk meningkatkan peran dalam masyarakat dengan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial,ekonomi, budaya dan politik serta memperjuangkan hak – hak mereka melalui advokasi edukasi pada masyarakat tentang hak-hak perempuan secara umum.

“Dan kami juga berharap nanti bisa membangun jejaring kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah, organisasi swasta, masyarakat sipil maupun  dukungan-dukungan lain melalui rencana program kerjanya,” demikian Raison.

Baca juga: Reuni akbar pensiunan ASN Disdik Kapuas pererat tali kekeluargaan

Baca juga: DPMD Kapuas dorong Pemdes Pulau Mambulau galakkan budi daya ayam petelur

Baca juga: Sekda dan Dandim Kapuas terima penghargaan dari PWI


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024