Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran mengatakan, momentum Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-64 tahun 2024 harus menjadikan jaksa lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Saya meminta seluruh insan Adhyaksa untuk dapat menjaga kepercayaan masyarakat kepada institusi tersebut, yang saat ini sangat luar biasa dalam melaksanakan tugas sebagai jaksa," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Senin.

Dia pun juga sepakat atas tema HBA tahun ini yakni, "Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”. Tema tersebut, merupakan kristalisasi dari visi pemerintah guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Dengan tema yang sangat luar biasa tersebut, Indonesia harus mampu bermetamorfosis menjadi Indonesia maju yang memiliki kualitas manusia yang unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan merata, serta ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang kuat dan berwibawa," katanya.

Agustiar Sabran yang juga menjabat Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng tersebut menyampaikan, kejaksaan sangat luar biasa. Selama ini kejaksaan juga dinilai menjadi salah satu fondasi pemerintahan yang kuat dan berwibawa, tidak lain dan tidak bukan dalam penegakan hukum yang berkepastian hukum.

Bahkan mampu mewujudkan keadilan yang substansial serta bermanfaat. Untuk membangun fondasi tersebut, maka kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang memiliki kedudukan strategis harus menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya baik di bidang pidana, perdata, tata usaha negara dan intelijen serta kewenangan lainnya secara profesional, proporsional dan tuntas.

"Tentunya di bawah pimpinan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin sangat luar biasa. Di Kalteng, Kajati Kalteng Undang Mugopal beserta Wakajati setempat M. Sunarto juga luar biasa dalam menjalankan tugasnya," ungkapnya.

Selain itu pula, Agustiar Sabran juga menilai, apresiasi terhadap kinerja kejaksaan mungkin karena, keberhasilan penegakan hukum, yakni kejaksaan mungkin berhasil menyelesaikan kasus-kasus besar atau korupsi yang signifikan.

Selanjutnya, Sambung dia, reformasi dan inovasi sebab kejaksaan melakukan reformasi internal untuk meningkatkan kinerja dan transparansi.

"Hal terpenting adalah komitmen terhadap keadilan, kejaksaan menunjukkan dedikasi dalam memastikan keadilan dan penegakan hukum secara adil," demikian Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran tersebut.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024