Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Elvi Esie mengajak warga untuk memeriksa atau mengecek status data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, secara online atau dalam jaringan (daring).

Pengecekan data pemilih perlu dilakukan untuk menghindari potensi tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), padahal warga tersebut sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

"Cara memeriksanya terbilang mudah, karena bisa dilakukan secara daring di https://cekdptonline.kpu.go.id/. Jadi saya ajak warga Gumas untuk mengecek status data pemilih masing-masing," tambahnya, 

Politisi PDI Perjuangan itu pun menyebut, https://cekdptonline.kpu.go.id/ dapat diakses melalui computer atau gadget. Caranya juga terbilang mudah, karena warga cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor WhatsApp pribadi.

Nantinya warga akan menerima kode OTP melalui pesan WhatsApp. Kode OTP tersebut kemudian dimasukkan ke dalam halaman https://cekdptonline.kpu.go.id/, dilanjutkan dengan menekan kolom ‘Konfirmasi’.

Setelah itu halaman https://cekdptonline.kpu.go.id/ akan menampilkan data dari warga yang bersangkutan, seperti nama lengkap pemilih, nomor dan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan lainnya.

Baca juga: KUA-PPAS Gumas diharap tetap mendukung prioritas pembangunan 2025

"Jika ternyata belum terdaftar sebagai daftar pemilih, segera sampaikan kepada panitia pemungutan suara (PPS) atau panitia pemilihan kecamatan (PPK). Ikuti saja arahan dari para petugas tadi," kata Elvi.

Di sisi lain, dia juga menyampaikan apresiasi kepada petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih), yang saat ini sedang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024.

Pantarlih di Gumas, sambung dia, bekerja keras mendatangi rumah warga, baik pagi, siang, maupun malam, guna memastikan warga yang memiliki hak pilih terdaftar sebagai pemilih pada pelaksanaan Pilkada 2024.

Pantarlih juga menghadapi tantangan cuaca seperti panas atau hujan. Kita patut mengapresiasi dedikasi mereka demi suksesnya Pilkada 2024 di kabupaten yang kita cintai ini," demikian Elvi.

Baca juga: Guru di Gumas diminta manfaatkan gawai sebagai media pembelajaran

Baca juga: Pemkab upayakan peningkatan layanan poli gigi Puskesmas Tewang Pajangan

Baca juga: DPRD Gunung Mas setujui KUPA-PPAS APBD 2024

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024