Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden menyatakan pemerintah kabupaten menyiapkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sepang dalam menghadapi perkembangan penduduk di wilayah setempat.
 
Puskesmas yang berada di Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang tersebut harus disiapkan dalam menghadapi perkembangan penduduk, mengingat pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayah setempat, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.
 
“Puskesmas Sepang cukup aktif dan diperlukan masyarakat, sehingga dibutuhkan suatu pengembangan. Terlebih nantinya di sana akan menjadi wilayah yang padat penduduknya, ketika pembangunan Jembatan Sepang selesai,” jelasnya.
 
Untuk diketahui, Kecamatan Sepang terdiri dari enam desa dan satu kelurahan. Desa/kelurahan yang dimaksud yakni Pamatang Limau, Rabauh, Sepang Kota, Tampelas, Tanjung Karitak, Tewai Baru, dan Sepang Simin.
 
Sebagian dari desa/kelurahan tadi dipisahkan oleh Sungai Kahayan. Selama ini masyarakat menggunakan feri penyeberangan untuk mobilisasi ke desa/kelurahan yang dipisahkan oleh Sungai Kahayan.

Baca juga: Kasus asusila terhadap anak di Gunung Mas melonjak
 
Jembatan Sepang akan menghubungkan Desa Sepang Kota Kecamatan Sepang dan Sepang Simin, yang dipisahkan oleh Sungai Kahayan. Jika jembatan ini fungsional, maka diperkirakan di sana akan menjadi wilayah yang padat penduduk.
 
Oleh sebab itu, dia menilai ke depan pemerintah daerah perlu mengembangkan Puskesmas Sepang. Pengembangan yang dimaksud antara lain halaman yang luas dan gedung yang cukup.
 
Lebih lanjut, Herson, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Gumas dan lainnya, telah melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Sepang pada Jumat (18/7). Dari kunker tersebut juga diketahui bahwa jumlah tenaga kesehatan di puskesmas tersebut terbilang sudah cukup terpenuhi.
 
Kendati demikian, Puskesmas Sepang dinilai masih memerlukan tambahan dokter, mengingat saat ini puskesmas tersebut hanya memiliki satu orang dokter.
 
“Tahun depan diharap ada tambahan dokter dan tenaga kesehatan lainnya, guna menunjang pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Sepang,” kata Herson.
 
Sementara itu, Kepala Puskesmas Sepang dr Heny Erlina menyampaikan bahwa puskesmas tersebut memiliki dua Unit Gawat Darurat (UGD). Satu terletak di Sepang Kota dan satu lagi di Sepang Simin.
 
“Selama ini kami dari Sepang Simin harus menyeberangi Sungai Kahayan dengan menggunakan feri, jika ada pasien UGD di Sepang Kota. Oleh sebab itu, penambahan dokter dan tenaga medis sangat diharapkan,” demikian Heny.

Baca juga: Pemkab berharap kinerja Baznas Gumas semakin meningkat

Baca juga: Pemkab berikan 3.644 keluarga di Gunung Mas BLT DD 2024

Baca juga: Legislator Gumas ajak warga cek status data pemilih Pilkada 2024 secara daring

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024