Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, berharap keberadaan pengurus baru Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten setempat bisa semakin meningkatkan kinerja lembaga tersebut.

Dengan demikian keberadaan lembaga senantiasa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, kata Penjabat Bupati Gunung Mas Herson B Aden, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Richard, usai melantik pengurus Baznas kabupaten periode 2024-2029 di Kuala Kurun, kemarin.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Gumas, kami mengucapkan selamat kepada para pimpinan Baznas kabupaten periode 2024-2029 yang telah dilantik,” sambung dia.

Adapun Ketua Baznas Gumas sekarang ini dijabat Elyas, Wakil Ketua I Dian Herdiana, Wakil Ketua II M Sayuti, Wakil Ketua III Sudirman, dan Wakil Ketua IV Hernuwito Tulus Suko. Mereka sebelumnya telah mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh tim, yang terdiri dari unsur pemerintahan, Kementerian Agama, dan organisasi Islam.

Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia seleksi pimpinan Baznas Gumas 2024-2029, yang telah menjalankan tugas dengan baik selama berjalannya proses seleksi.

"Kami juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada pimpinan Baznas Gumas periode sebelumnya, atas dedikasi dan kerja sama selama ini, dalam membantu meningkatkan kesejahteraan umat," tuturnya.

Lebih lanjut, keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural merupakan instrumen penting, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat.

Baca juga: Pemkab berikan 3.644 keluarga di Gunung Mas BLT DD 2024

Selain itu, keberadaan Baznas juga akan meningkatkan manfaat zakat, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Indonesia, termasuk di Gumas.

"Kepada pimpinan Baznas Gumas yang baru dilantik, saya harap lebih optimal lagi dalam menjalankan tugas, terutama dalam peningkatan pengumpulan zakat, menyosialisasikan berbagai hal terkait zakat, sehingga masyarakat mau menyisihkan sedikit rezekinya untuk infak dan sedekah," demikian Pj Bupati Gumas.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan hibah senilai Rp75 juta, dari Pemkab kepada Baznas Gumas. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Sekda kepada pimpinan Baznas Gumas yang baru dilantik.

Baca juga: Legislator Gumas ajak warga cek status data pemilih Pilkada 2024 secara daring

Baca juga: KUA-PPAS Gumas diharap tetap mendukung prioritas pembangunan 2025

Baca juga: Guru di Gumas diminta manfaatkan gawai sebagai media pembelajaran

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024