Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan menyatakan bahwa pemerintah kabupaten memerlukan dukungan semua pihak, khususnya perusahaan besar swasta yang ada di daerah ini, dalam menanggulangi bencana.

Pernyataan itu disampaikan Indra Gunawan saat acara kerja sama antar lembaga dan kemitraan dalam rangka penanggulangan bencana di Tamiang Layang, Kamis.

"Misal, ada bencana di desa A dan berdekatan dengan perusahaan, ya alangkah baiknya pihak perusahaan terdekat proaktif untuk membantu menanggulangi," ucapnya.

Jika itu dilakukan, dirinya meyakini dengan bersama-sama akan memudahkan dalam penanganan bencana. Bencana dimaksud itu bisa disebabkan oleh alam maupun bencana kebakaran lahan. Sehingga ketika dalam penanganan ataupun penanggulangan bencana maupun pasca bencana sudah bisa sinergis.

"Jadi kita tidak gagap saat bencana. Oleh sebab itu, dengan adanya (penandatanganan kerja sama) itu, pada saat tidak ada bencana maka kita melakukan secara rasional bagaimana pengurangan risiko bencana. Kalau sudah terjadi bencana kita mempunyai rencana yang baik dalam penanganannya," kata Indra Gunawan.

Kerja sama penanganan bencana maka dimanapun ada bencana akan ditangani, dengan tidak memandang instansi swasta atau wilayah-wilayah. Jika terjadi pun di wilayah Kabupaten Barito Selatan maka akan tetap dilakukan perbantuan.

Baca juga: Pemkab Bartim sepakat pemasangan pilar batas wilayah dan ajukan revisi Permendagri 39/2018

Selain itu, kata Indra, kerja sama antar lembaga yang ada di kabupaten Barito Timur ini  akan meningkatkan kinerja, kesepahaman terkait dengan penanganan bencana seperti terkait sarana dan prasarana, serta pemberian bantuan bahan makanan pokok kepada korban bencana.

"Pemkab Barito Timur akan memberikan penghargaan. Misalnya seperti kemarin bantuan bahan pokok makanan pada korban banjir, kita beri penghargaan kepada perusahaan yang membantu," kata Indra.

Indra pun akan berkoordinasi dengan perusahaan lain yang belum memberikan dukungan atau kerja sama dalam hal penanganan bencana. Pemerintah Kabupaten Barito Timur segera menyosialisasikan kembali terkait pentingnya partisipasi pihak perusahaan atau ketiga dalam hal penanganan bencana.

Pihak perusahaan yang sepakat bekerja sama dan mendukung Pemerintah Kabupaten Barito Timur dalam penanganan bencana diantaranya PT Bangun Nusantara Jaya Makmur, PT Rimau Energi Mining, PT Indopenta Sejahtera Abadi, PT Bhadra Cemerlang, PT Sawit Graha Manunggal dan PT Eka Dharma.

Baca juga: Pemkab Bartim berupaya wujudkan Kota Layak Anak

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta kades terus berinovasi dalam pembangunan
Baca juga: Pj Bupati Bartim: Imunisasi polio penting sebagai perlindungan anak

Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024