Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden mendukung penuh Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih yang digagas Kementerian Dalam Negeri untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.
 
“Saya berharap Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih ini dapat membangun rasa patriotisme dan nasionalisme masyarakat Indonesia, termasuk kita di Gumas,” ucapnya di sela kegiatan di Kuala Kurun, Jumat.
 
Kegiatan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih bertujuan mengingat kembali sejarah perjuangan, sekaligus momentum untuk memupuk rasa nasionalisme, dan jiwa patriotisme.
 
Jiwa nasionalisme dan patriotisme menjadi penting karena merupakan modal bangsa untuk pembangunan. Nasionalisme dan patriotisme tercermin dalam sikap dan tindakan yang berkarakter persaudaraan, toleransi, persatuan, dan gotong royong.
 
Hal itu sejalan dengan falsafah ‘Huma Betang’ atau rumah besar, yang memiliki nilai luhur seperti kesetaraan sesama manusia, kebersamaan, kekeluargaan atau persaudaraan, persatuan, dan taat pada hukum.
 
“Oleh karena itu, jiwa nasionalisme dan patriotisme menjadi penting di tengah derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi serta gempuran budaya asing,” papar Herson.

Baca juga: Pemkab Gumas siapkan Puskesmas Sepang hadapi perkembangan penduduk
 
Nasionalisme dan patriotisme juga modal penting dalam membentengi diri dari ancaman bangsa, seperti ideologi yang berseberangan dengan ideologi negara, terorisme, radikalisme, serta konflik sosial berbasis suku, ras, dan agama.
 
Selain itu, dia juga berharap Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih akan menjaga suasana di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ tetap sejuk dan damai, serta toleran dan saling menghormati.
 
Diapun berharap bendera Merah Putih mulai terpasang di halaman rumah, sekolah, dan berbagai fasilitas umum lainnya yang ada di wilayah Gumas, mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2024.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gumas, Sugiarto menyampaikan, pada kesempatan ini ada 612 bendera yang terkumpul dan disalurkan oleh badan tersebut.
 
Selain itu, sambung mantan Camat Manuhing ini, salah satu Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Gumas juga telah menyalurkan 320 bendera Merah Putih kepada masyarakat.
 
“Di Gumas, gerakan ini dihadiri oleh unsur forkopimda, kepala BUMN/BUMD, seluruh kepala perangkat daerah, camat, lurah, para tokoh, kepala SMA sederajat di Kuala Kurun, serta perwakilan dari sekolah,” demikian Sugiarto.

Baca juga: Kasus asusila terhadap anak di Gunung Mas melonjak

Baca juga: Pemkab berharap kinerja Baznas Gumas semakin meningkat

Baca juga: Pemkab berikan 3.644 keluarga di Gunung Mas BLT DD 2024

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024