Kuala Pembuang (ANTARA) -
DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong agar perusahaan besar swasta atau PBS lebih banyak terlibat dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM).
 
"Kami mendorong agar hal ini bisa dilakukan oleh seluruh PBS yang beroperasional di wilayah Seruyan," kata Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, Rabu.

Baca juga: Legislator minta Pemkab Seruyan perhatikan sarpras kesehatan
 
Dia meminta PBS yang ada di Seruyan lebih proaktif dalam mendukung peningkatan SDM melalui program pemberdayaan masyarakat.
 
Hal ini agar tercipta sinergi yang baik antara pemerintah dan swasta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memacu pengembangan SDM-nya.

Baca juga: Waket DPRD Seruyan dukung upaya nyata menjaga kelestarian lingkungan
 
"Program pemberdayaan yang kami harap, seperti pelatihan ketenagakerjaan juga sangat banyak diminati oleh masyarakat, terutama mereka yang ingin berkarir atau ingin mencari pekerjaan," jelasnya.
 
Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II Seruyan ini menjelaskan, dengan semakin banyaknya SDM atau warga sekitar terampil, maka diharapkan juga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.

Baca juga: DPRD Seruyan upayakan usulan masyarakat tentang bantuan bibit durian
 
“PBS di Seruyan cukup banyak terutama yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Kami minta agar lebih proaktif memberikan pelatihan ketenagakerjaan,” pintanya.
 
Bambang Yantoko menyebut dengan upaya ini, PBS akan membantu daerah dalam upaya mengatasi angka pengangguran di Kabupaten Seruyan.
 
"Karena tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan suatu saat pasti membutuhkan tambahan karyawan," terangnya.

Baca juga: DPRD Seruyan sampaikan sejumlah catatan kepada pemkab

Baca juga: Optimalkan pelayanan, nakes di Tanjung Hanau perlu penambahan

Pewarta : Faisal/Arif Hidayat
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024