Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) bidang operasional sekaligus Deklarasi Pemilu Damai 2024 bersama sejumlah instansi di pemerintah provinsi setempat dan perwakilan seluruh partai politik yang ada di Kota Palangka Raya.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto pada cara tersebut yang juga di hadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng di Palangka Raya, Senin, mengatakan tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk bersama-sama menciptakan suasana dan stabilitas keamanan menjelang, saat dan sesudah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti.

"Saya yakin Kalteng bisa melakukan kegiatan kontestasi dalam rangka memilih pimpinan daerah dengan baik. Maka dari itu kita harus bekerja sama semuanya demi terwujudnya pilkada yang aman dan nyaman serta damai," kata Djoko Poerwanto.

Dia menegaskan, terkait kesiapan Polri khususnya Polda Kalteng dan jajaran dalam menghadapi Pilkada Serentak di Kalteng tentunya pihaknya terus mempersiapkan baik itu sarana prasarana serta kekuatan personel, untuk pengamanan pesta demokrasi tersebut.

"Ada tiga tolak ukur yang menjadi kesiapan, diantaranya adalah melakukan pemetaan terhadap potensi gangguan kamtibmas, cooling system dan pengamanan tahapan pilkada," ucapnya.

Baca juga: Satuan Brimob Polda Kalteng tingkatkan kemampuan latihan anti anarkis dan menembak

Orang nomor satu di Polda Kalteng itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk bekerjasama menciptakan suasana kondusif, sekaligus menghindari berita bohong atau hoaks dan postruth.

"Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini kontestasi pemilihan kepala daerah di 2024 dapat terlaksana dengan aman, nyaman, lancar dan sukses," pintanya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji menambahkan, bahwa pada rakor kali ini juga dilaksanakan deklarasi damai dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Bupati dan Wakil Bupati yang ada di Kalteng.

Bahkan instansi terkait juga mengajak seluruh instansi, elemen masyarakat, partai politik maupun calon peserta untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada Kalteng 2024 aman, nyaman dan sukses.

"Kegiatan tadi juga diakhiri dengan penandatanganan deklarasi damai oleh seluruh partai politik peserta pilkada, FKUB, TNI-Polri serta unsur Forkopimda setempat," demikian Erlan Munaji.

Baca juga: Polisi tegaskan tak keluarkan SKCK kepada geng motor

Baca juga: Polda Metro panggil anak figur publik soal video asusila

Baca juga: Amankan VVIP pada HUT Kemerdekaan di IKN, tim penjinak bom disiagakan

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024