Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden memastikan ketersediaan serta harga berbagai bahan pokok di Kota Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, sejauh ini masih terjaga dan stabil.
 
“Jumat (16/8) kemarin saya melakukan inspeksi mendadak ke pasar lama dan pasar baru Kuala Kurun. Harga bapok di Kuala Kurun tidak jauh berbeda dengan harga di Kota Palangka Raya,” ucapnya di Kuala Kurun, Sabtu (17/8).
 
Selain memantau harga, Herson juga memantau ketersediaan bapok di pasar lama dan pasar baru Kuala Kurun. Untuk ketersediaan bapok sejauh ini juga tidak ada kendala berarti.
 
Dalam melakukan inspeksi mendadak tersebut dirinya turut didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gumas Supervisi Budi, beserta sejumlah pegawai dari dinas tersebut.
 
“Rencananya dalam waktu dekat kami juga melakukan sidak ke berbagai pasar di sejumlah kecamatan wilayah Gumas. Tujuannya adalah memastikan ketersediaan serta harga bapok,” paparnya.

Baca juga: HUT RI perkuat sinergi tingkatkan kesejahteraan masyarakat Gumas
 
Sementara itu, Kepala Disperindag Gumas Supervisi Budi menyampaikan, sidak merupakan tindakan intervensi yang dilakukan pemerintah, supaya harga bapok stabil dan persediaan bapok terjaga.
 
Berdasarkan pantauan di pasar lama dan pasar baru Kuala Kurun, harga bapok relatif tidak ada perubahan sejak beberapa hari terakhir. Misalnya saja beras per kilogram berkisar antara Rp13 ribu hingga Rp23 ribu, tergantung merek.
 
Lalu cabai merah keriting Rp 50 ribu per kg, cabai merah besar Rp50 ribu per kg, cabai rawit merah Rp90 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp90 ribu per kg, bawang merah Rp30 ribu per kg, dan bawang putih Rp40 ribu per kg.
 
“Untuk gula pasir curah Rp18 ribu per kg, gula pasir kemasan Rp22 ribu per kg. Sedangkan minyak goreng curah Rp16 ribu per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp22 ribu per liter,” demikian Supervisi Budi.

Baca juga: HUT ke-79 RI momentum masyarakat Gumas berbenah

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas berharap harmonisasi pembangunan infrastruktur semakin meningkat

Baca juga: DPRD Gumas ajak masyarakat baca peluang jadi penyangga IKN

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024