Palangka Raya (ANTARA) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Supratman Andi Agtas, melakukan kunjungan kerja perdana di Pulau Dewata, dengan meninjau Kantor Imigrasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) 2024.

"Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung pelayanan imigrasi yang diberikan kepada Wisatawan Negara Asing (WNA) dalam proses pemeriksaan imigrasi di pintu masuk utama Pulau Bali," kata Supratman melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Senin.

Menkumham, mengatakan, Bali adalah destinasi wisata internasional utama di Indonesia, dan sering menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional, seperti KTT IAF 2024 yang saat ini berlangsung.

"Oleh karena itu, pelayanan imigrasi di sini harus selalu prima, profesional, dan sesuai standar internasional,” ujar Supratman.

Menkumham memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran petugas imigrasi atas dedikasi mereka dalam menjaga kelancaran KTT IAF di tengah proses pemeriksaan di tengah padatnya arus WNA.

“Tetap semangat dan terus berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan WNA,” ajaknya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, menyampaikan bahwa terdapat sebanyak 60 autogate di terminal kedatangan, dan 24 autogate di terminal keberangkatan untuk memperlancar arus pemeriksaan imigrasi di tengah padatnya kedatangan WNA.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng terus memperkuat pelayanan di LPKA

"Untuk para delegasi KTT IAF, kami menyediakan dua konter khusus masing-masing dengan empat petugas, serta enam mobile unit yang disiapkan di terminal VIP bandara untuk memperlancar arus kedatangan delegasi," jelas Pramela.

Dalam kunjungannya, Menkumham didampingi Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Kakanwil Kemenkumham Bali Pramella, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Suhendra, serta para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali.

"Kami bersama-sama mengecek sarana dan prasarana serta memantau secara langsung proses pemeriksaan keimigrasian terhadap penumpang yang baru tiba, termasuk kesiapan konter pelayanan bagi WNA, autogate, dan konter khusus untuk para delegasi KTT IAF 2024," katanya

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) 2024 adalah momentum penting untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan negara Afrika.

Melalui forum ini, Indonesia dapat memperluas jangkauan diplomasi, ekonomi, dan budaya yang saling menguntungkan.

"Kami di Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah mendukung penuh upaya ini, sebagai bagian dari komitmen kita untuk mendorong kolaborasi global yang inklusif dan berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Dirjen Kemenkumham: Pengusaha wajib integrasikan HAM dalam bisnis

Baca juga: Dirjen HAM: Pengusaha wajib integrasikan prinsip HAM dalam aktivitas bisnis

Baca juga: Staf Ahli Menkumham minta kanwil Kalteng perkuat pelayanan berbasis HAM

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024