Sukamara (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Rendy Lesmana mengharapkan pelaku usaha perikanan di wilayah setempat lebih termotivasi dan mampu meningkatkan kreativitas dengan adanya bantuan hibah berupa sarana prasarana yang diberikan oleh pemerintah daerah setiap tahunnya.
 
"Tahun ini bantuan hibah kita salurkan kepada enam kelompok pelaku usaha bersama (KUB) yang ada di Kecamatan Pantai Lunci melalui Dinas Perikanan yang bersumber dari APBD," katanya di Sukamara, Senin.
 
Dia mengatakan dengan adanya bantuan tersebut, diharap turut berperan dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produktivitas, serta mutu hasil perikanan.
 
Selain itu juga membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sehingga tujuan akhir dari pemberian bantuan adalah meningkatnya taraf hidup.
 
"Melalui momen ini pemerintah daerah berupaya memotivasi para pelaku usaha dan pelaku utama kelautan dan perikanan untuk mengembangkan usahanya," jelas Rendy.

Baca juga: Hadapi puncak kekeringan, Pemkab Sukamara tingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan
 
Dirinya juga berharap, dengan adanya bantuan hibah tersebut kelompok yang dikelola menjadi lebih maju dan berkembang serta selalu bergairah.
 
Selain itu, dirinya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta menjaga kelestarian sumber daya laut berkelanjutan.
 
Salah satunya dengan melakukan penangkapan ikan yang bertanggungjawab yakni dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.
 
"Pemerintah daerah mengharapkan dengan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan memotivasi para nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan untuk lebih meningkatkan kinerja dalam mengelola perikanan yang lebih baik," ujarnya.
 
Hingga pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas sektor perikanan di wilayah Sukamara. Adapun bantuan yang diberikan kali ini berupa sarana prasarana jaring udang dan mesin kapal untuk masing-masing kelompok.

Baca juga: Jaksa di Sukamara diminta tak nodai dan mengkhianati kepercayaan masyarakat

Baca juga: Pemkab Sukamara penuhi kebutuhan air bersih warga pesisir

Baca juga: Pemkab Sukamara tingkatkan upaya percepatan penurunan stunting

Pewarta : Donefrid Lalang
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024