Sampit (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah SP Lumban Gaol mendukung rencana pemerintah kabupaten untuk menjajaki pembukaan rute penerbangan baru, setelah diresmikannya rute penerbangan Sampit-Surabaya.

“Kami mengapresiasi pemerintah daerah yang bergerak cepat sehingga rute Sampit-Surabaya kembali dibuka, kami juga mendukung rencana untuk menjajaki penambahan rute lainnya,” kata Gaol di Sampit, Minggu.

Anggota Fraksi Partai Demokrat menjelaskan, pemerintah daerah harus terus mencari peluang untuk membuka rute penerbangan ke berbagai kota lain. Salah satu indikator kemajuan suatu daerah dapat dilihat dari rute-rute penerbangan yang ada. 

Pembukaan rute penerbangan baru ke kota-kota lain akan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi Kotim. Semakin banyak pilihan rute yang tersedia, akan semakin memudahkan mobilitas masyarakat dan pelaku usaha.

Bupati Kotim Halikinnor sebelumnya sempat mengutarakan keinginan untuk menjajaki dua rute baru, yakni Sampit-Banjarmasin dan Sampit-Semarang. Pihaknya berharap keinginan tersebut benar-benar direalisasikan.

“Harapan kita, rencana penjajakan rute lain juga segera direalisasikan sehingga masyarakat Kotim bisa menikmati manfaat dari semakin banyaknya pilihan rute penerbangan yang tersedia,” ucapnya.

Baca juga: Legislator Kotim apresiasi pemkab rehabilitasi SDN 1 Baamang Tengah

Anggota Dapil I DPRD Kotim ini pun mengapresiasi upaya pemerintah daerah melalui BUMD Habaring Hurung untuk melakukan kerja sama dengan Maskapai NAM Air sehingga rute Sampit-Surabaya kembali dibuka. 

Setelah Maskapai Wings Air yang sebelumnya melayani rute tersebut menghentikan sementara layanannya dikarenakan pesawat yang digunakan sedang masa pemeliharaan. Dengan dibuka kembali rute ini menjadi angin segar bagi masyarakat Kotim yang ingin bepergian ke Surabaya maupun sebaliknya.

“Kembali dibukanya rute Sampit-Surabaya ini tentu menjadi hal yang positif, terlebih harga tiket yang ditawarkan lebih murah dari sebelumnya. Tapi, harapan kita upaya pemerintah daerah tak berhenti sampai disini dan tetap mengupayakan penambahan rute lainnya,” ujarnya.

Selain rute Sampit-Surabaya yang melayani dua kali seminggu, yakni Senin dan Jumat, di Bandara Haji Asan Sampit juga melayani rute Sampit-Jakarta dari Maskapai NAM Air. 

Rute Sampit-Jakarta sejauh ini berjalan lancar, bahkan pihak NAM Air telah menambah jadwal penerbangan dari yang awalnya tiga kali seminggu menjadi hampir setiap hari kecuali Sabtu.

Disamping itu, ada dua rute lainnya yang kabarnya akan mulai dibuka dalam waktu dekat  oleh Maskapai Wings Air, yakni rute Sampit-Pangkalan Bun dan Sampit-Palangka Raya. 

Baca juga: Kembali diaktifkan,CFD Taman Kota Sampit disambut antusias masyarakat

Baca juga: Bupati Kotim berharap daerah kebagian DBH perdagangan karbon

Baca juga: Buka lomba mancing lestari, Bupati Kotim ajak masyarakat jaga lingkungan

Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024