Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, atas kesuksesan mereka dalam mengelola hutan desa untuk mendukung pengembangan sektor pertanian di desa setempat.

"Pengelolaan hutan desa yang dilakukan oleh Tumbang Mangkutup ini menjadi contoh nyata bagaimana sumber daya alam yang dikelola dengan baik dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat setempat, khususnya dalam meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi desa," kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Minggu.

Melalui program pengelolaan hutan desa, Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup telah berhasil memanfaatkan lahan hutan yang ada untuk dikembangkan menjadi area pertanian yang produktif.

Hasil dari inisiatif ini tidak hanya meningkatkan produktivitas pertanian lokal, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga desa, mengurangi angka pengangguran, serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Penghargaan dari DPMD Kabupaten Kapuas ini merupakan bentuk dukungan dan dorongan kepada desa-desa lain di kabupaten setempat, untuk mengikuti jejak Tumbang Mangkutup dalam mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang dimiliki.

Mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini juga menegaskan, pentingnya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan agar dapat terus memberi manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang.

Baca juga: Bantuan kelistrikan diharapkan bawa kemajuan Desa Tumbang Mangkutup

"Dengan kesuksesan ini, Desa Tumbang Mangkutup diharapkan terus berinovasi dan mengembangkan berbagai sektor lainnya, seperti agrowisata, yang dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat desa secara menyeluruh. Apresiasi ini juga menjadi motivasi bagi seluruh elemen desa untuk terus berkontribusi dalam pembangunan desa yang berkelanjutan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tumbang Mangkutup, Suriato mengatakan, pemanfaatan dalam pengelolaan hutan desa ini bekerja sama dengan UPT KPHL Kapuas Kahayan, dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa setempat.

"Beberapa yang dikembangkan menjadi area pertanian yang produktif antara lain, menanam sayur-mayur seperti terong, jagung, tomat, cabai dan lain sebagainya, hingga juga budi daya perikanan," katanya.

Melalui pemanfaatan hutan desa ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa setempat.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada UPT KPHL Kapuas Kahayan, Pemkab Kapuas serta masyarakat Desa Tumbang Mangkutup atas dukungan serta dorongan dalam pengembangan hutan desa dijadikan hutan produktif," demikian Suriato.

Baca juga: Kapuas juara umum Jambore PSKS Kalteng

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung program pembinaan Desa Cantik

Baca juga: Gubernur Kalteng sebut Jambore PSKS perkuat peran pilar sosial

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024