Palangka Raya (ANTARA) -
Legislator Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo menekankan pemerintah kota agar dapat meningkatkan daya tarik pariwisata di daerah melalui beragam kuliner khas daerah.
 
"Karena memang kuliner ini memiliki daya tarik tersendiri untuk mendukung kepariwisataan. Maka pengembangan usaha kuliner penting untuk kita kembangkan," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dirinya menjelaskan, beragam kuliner khas daerah terutama yang diproduksi oleh para pelaku usaha skala kecil, misalnya aneka camilan seperti keripik kelakai, masakan juhu umbut rotan, serta lainnya.
 
Untuk itu penting bagi pemerintah memberikan dukungan terhadap pelaku usaha kuliner khas daerah yang dinilai memiliki potensi besar untuk mendukung pengembangan wisata.
 
“Aneka kuliner yang unik didukung dengan cita rasa kuliner yang khas, tentu memiliki kelebihan tersendiri. Apalagi resep kuliner bernilai warisan alias turun temurun, tentu akan menjadi pembeda,” ucapnya.

Baca juga: Masyarakat diminta sadar pentingnya program perlindungan harta benda
 
Sigit menilai, pemerintah dapat memberikan bantuan modal serta pemasaran terhadap pelaku usaha kuliner tersebut, agar dapat dilihat oleh masyarakat dari luar Palangka Raya.
 
Dirinya meyakini, para pengunjung yang berasal dari luar daerah tentunya tidak hanya memikirkan sebagus apa pariwisata yang ada di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.
 
"Pasti mereka juga akan mencari kuliner-kuliner apa saja yang enak dan memang ciri khas Kota Palangka Raya ini. Karena kan mereka berkunjung ke suatu daerah tentunya ingin mencoba semua hal yang ada di kota itu," ujarnya.
 
Untuk itu politisi PDI Perjuangan ini mendorong pemerintah kota agar dapat memberikan pembinaan seara berkala bagi para pelaku usaha kuliner.
 
Hal ini dilakukan agar ke depan para pelaku usaha kuliner tidak hanya dapat mendukung sektor kepariwisataan di Kota Palangka Raya, tetapi juga dapat menjaga masakannya tetap higienis dan aman.
 
"Tentu peran serta pemerintah ini tidak bisa lepas dari berbagai sektor, salah satunya pelaku usaha kuliner ini. Pembinaan-pembinaan ini harus segera dilakukan, mengingat sekarang telah mendekati akhir tahun dan libur panjang," demikian Sigit.

Baca juga: Tingkatkan jiwa sosial generasi muda Palangka Raya melalui ekstrakurikuler PMR

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta ikut merawat hasil pembangunan

Baca juga: Disdik Palangka Raya sediakan dana hibah untuk sekolah yang terbakar

Pewarta : Rajib Rizali
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024