Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Yustinus Gunihardi mengakui bahwa pihaknya telah mendapatkan beberapa nama menjadi unsur pimpinan definitif DPRD setempat untuk periode 2024-2029.

"Untuk Ketua definitif itu dari partai Golkar, yakni Pak Subandi, sementara untuk wakil ketua I, dari partai Demokrat, tetapi kami masih menunggu surat penunjukkan yang saat ini dalam proses," katanya di Palangka Raya, Senin.

Kemudian, untuk wakil ketua II akan diisi oleh PDI Perjuangan, dengan mengusulkan kadernya, yakni Nenie Adriati Lambung yang merupakan petahana.

Dirinya menjelaskan, bahwa unsur pimpinan ini terbentuk dari tiga partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pada kontestasi pemilihan legislatif pada Februari 2024 silam.

"Saat ini semuanya masih berproses dan kita juga secepatnya untuk mempersiapkan ini. Karena unsur pimpinan ini sangat penting dalam menjalankan tugas dan fungsi anggota dewan," ucapnya.

Yustinus melanjutkan, bahwa saat ini pihaknya masih mempersiapkan proses dan rapat paripurna penetapan pimpinan definitif yang rencananya akan dilaksanakan pada 8 Oktober 2024.

Pihaknya berharap proses pembentukan unsur pimpinan DPRD Kota Palangka Raya periode 2024-2029 dapat berjalan lancar sehingga kedepan anggota dewan dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Baca juga: DPRD minta warga Palangka Raya tingkatkan pengawasan antisipasi kebakaran rumah kosong

"Masih kita persiapkan. Doakan saja mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa adanya kendala sehingga unsur pimpinan ini nantinya dapat memberikan kinerja yang terbaik," ujarnya.

Sementara itu, pada saat dikonfirmasi mengenai mencuatnya nama-nama unsur pimpinan DPRD Kota Palangka Raya periode 2024-2029, ketiga fraksi pendukung tersebut belum memberikan keterangan.

Di sisi lain, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Palangka Raya, Ahmad Syarif pada saat dikonfirmasi mengenai usulan unsur pimpinan, hanya menjawab secara singkat.

"Saya konsultasikan terlebih dahulu ke ketua ya. Nanti kalau ada jawaban akan saya sampaikan keterangan lebih lanjutnya," demikian Ahmad.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan fasilitas-layanan di MPP

Baca juga: DPRD apresiasi upaya pemerintah tingkatkan kepatuhan wajib pajak

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta matangkan persiapan tuan rumah HSP

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024